Kacang polong yakni salah satu sayuran yang paling dikenal oleh bangsa barat Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan Kacang polong yakni salah satu sayuran yang paling dikenal oleh bangsa barat. Sayuran ini berasal dari tempat sekitar Mediterania timur 5000 tahun yang lalu dan disukai alasannya yakni rasanya yang manis dan segar.

Kacang polong segar yang gres dipetik memiliki rasa yang sangat enak, sedangkan kacang polong beku, termasuk makanan yang paling bernutrisi tapi tetap lezat dan praktis untuk dihidangkan. Kacang polong masuk dalam keluarga legume bersama dengan polong-polong bersama jenis kacang-kacangan lainnya. Makanan-makan tersebut merupakan sumber protein nabati terbaik untuk vegetarian.
Kandungan Gizi kacang polong
Vitamin B komplek
Vitamin C
Zat besi
Protein
Seng
Karoten
Folat
GI 48 (segar, direbus)
GI 22 (dikeringkan, direbus)

Kelebihan Kacang Polong

  • Lebih kaya akan protein dibandingkan sayuran lainnya, bermanfaat bagi para olahragawan vegetarian.
  • Mengandung Karotenoid untuk melindungi mata. Sangat baik bagi mereka yang menyukai olagraga luar ruangan.
  • Sumber vitamin C, yang dapat hilang dari badan akhir dari acara fisik yang berlebihan.
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya vitamin C (seperti jus jeruk) bersamaan dengan kacang polong akan membantu meningkatkan absorpsi zat besi yang ada dalam sayuran.

Nutrisi Kacang Polong

Kacang polong merupakan sumber protein yang sangat baik, selama kurun pertengahan, rakyat miskin memakan pottage kacang polong, yaitu sejenis sup kental yang dibuat dari kacang polong kering.

Sekitar 70 g kacang polong mengandung hampir separuh vitamin C yang direkomendasikan (RNI) per hari untuk orang dewasa. Kacang polong juga mengandung karoten lutein dan zeathanin yang bisa melindungi lensa mata dari ancaman sinar ultraviolet dan katarak. Tidak ibarat sayuran lain, kacang polong mengandung vitamin B, khususnya thiamin yang diharapkan untuk memberikan pesan antara saraf dan tulang belakang. Thiamin juga diharapkan untuk membentuk enzim yang mengubah makanan menjadi tenaga bagi tubuh. Kacang polong mengandung folat yang membantu mencegah kelainan spina bifida pada janin sehingga sangat baik dikonsumsi wanita hamil di minggu-ninggu awal kehamilannya. Manfaat lain dari kacang polong adalah, mengandung zat besi untuk mencegah anemia dan mengandung seng yang baik untuk kesuburan pria, namun zat besi dan seng dalam ikan dan daging lebih mudah diserap tubuh. Baca juga Macam-macam penyakit mata

Kaya akan folat

Kacang polong kaya akan folat, karbohidrat, protein nabati dan serat. Kacang polong juga mengandung hormon tumbuhan yang disebut lignan yang bisa mencegah penyakit jantung, osteoporosis dan dilema monopouse pada wanita.
Baca Mengenal Macam-macam Penyakit Tulang

Mengendalikan kolesterol

Kacang polong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol ibarat sayuran dan buah-buahan lain, yaitu jagung, bawang putih, bawang bombay, apel dan pir. Selain wortel dan jagung manis, kacang polong segar dan beku juga memiliki GI yang rendah (GI yakni Glycaemic indeks satuan yang digunakan untuk mengukur dampak makanan terhadap gula darah), artinya energi yang dikeluarkan secara perlahan kejaringan darah sehingga tidak mengganggu dan menjaga keseimbangan kadar gula darah, serta mencegah diabetes.

Manfaat kacang polong

Mengganti daging atau produk olahan daging dengan polong-polongan, kacang-kacangan dan biji-bijian sangat bermanfaat bagi semua orang. Para vegetarian direkomandasikan untuk mengkonsumsi materi pangan tersebut sedikitnya 30 g per hari. Bahan pangan ini terbukti bermanfaat, rendah lemak tinggi kandungan protein dan serat.