dan telah menjadi makanan utama bangsa barat semenjak pertengahan tahun  Manfaat Kentang Bagi Tubuh Kentang (Solanum tuberosum L.) berasal dari peru, dan telah menjadi makanan utama bangsa barat semenjak pertengahan tahun 1500. Pemanfaatan tanaman dari suku Solanaceae ini sudah berkembang baik secara masakan maupun nutrisi. Kentang ialah simbol makanan sumber tenaga, sebagai sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik.

Kentang memiliki kandungan nutrisi yang tidak terduga, Kandungan NSP (serat) menimbulkan kentang makanan yang bermanfaat. Potongan kentang goreng ternyata memiliki GI yang lebih rendah dibanding kentang panggang. Hal ini dikarenakan lemak pada pecahan kentang goreng lambat dicerna dan diserap, sehingga GI-nya menjadi rendah. Namun terlalu banyak lemak tentu saja dapat  meningkatkan resiko penyakit jantung, Kadar lemak yang sama tinggi (ditambah garam dan kalori) juga dapat ditemukan dalam keripik kentang, sehingga meskipun kentang  merupakan makanan pokok yang bermanfaat, sebaiknya hanya dikonsumsi dalam bentuk olahan rendah lemak.

Baca juga 
Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan
Jagung makanan pokok berkhasiat

Kandungan Gizi kentang
Vitamin B3Vitamin C
NSP (serat)
Kalsium
Zat besi
Protein
GI 54 (yang sudah digoreng)
GI 62 (yang gres dipanen) 

Manfaat Kentang Bagi Tubuh

Memberikan energi
kentang menunjukkan energi utama untuk meningkatkan vitalitas. Kentang menunjukkan kekuatan pada tubuh untuk melawan kelelahan dan meningkatkan daya tahan tubuh alasannya ialah materi pangan ini mengandung vitamin, mineral dan serat. Baca Makanan Sehat Alami Penambah Energi
Membantu perkembangan otak
Niacin (vitamin B3) dalam kentang membantu membantu menjaga sistem saraf, ini penting bagi perkembangan tubuh secara normal dan juga untuk kesehatan kulit. Kentang mengandung zat besi, kalsium dan protein.
Melancarkan pencernaan
Kandungan seratnya yang cukup tinggi menimbulkan kentang sebagai pelindung bagi pencernaan semoga tetap sehat, bahkan dengan mengkonsumsi kentang dapat menjaga tubuh dari kanker usus besar.
Baik untuk kesehatan kulit
Kandungan vitamin C pada kentang diperkirakan sangat baik bagi perawatan kulit, antioksidannya bisa menghindari sel kulit mati dan mengembalikan keremajaan kulit.
Dijadikan sobat diet
Kentang (termasuk sphageti dan roti) ternyata tidak menggemukan, alasannya ialah bahwasanya makanan karbohidrat bisa menyediakan energi dan tidak selalu diubah menjadi lemak didalam tubuh, bahkan kentang merupakan makanan bebas lemak dan dapat membantu menurunkan berat badan.