Daun selada yang memiliki rasa khas ini masih sejenis dengan tanaman mustard Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan Daun selada yang memiliki rasa khas ini masih sejenis dengan tanaman mustard, Bangsa Yunani kuno telah lama menyadari manfaatnya dan para tentara mengkonsumsinya sebagai tonik. Selada air yang berwarna hijau gelap mengandung beta-karoten dan zat besi tinggi, berbeda dengan sayur-sayuran dan buah-buahan berwarna orange, karakteristik warna karatenoid selada air tertutupi oleh klorofil, yaitu pigmen hijau daun pada tumbuhan ubtuk berfotosintetis (membuat energi dari sinar matahari). Baca juga Manfaat kandungan Daun Salam

Selada air merupakan sumber karotenoid jenis lutein dan zeaxanthin yang melindungi mata dari penyakit degeneratif, ibarat degenerasi macular dan katarak. Macular yakni sentra retina yang memperlihatkan bayangan objek yang detil dan terperinci pada sentra penglihatan. Lutein dan zeaxanthin merupakan satu-satunya karotenoid yang ditemukan didalam lensa mata dan macular.  silahkan kunjungi Macam macam penyakit mata
Mengkonsumsi lutein dan zeaxanthin lebih dari rata-rata jumlah konsumsi yang dianjurkan dapat meningkatkan densitas pigmen macular, sehingga kemampuan mata dalam menyaring cahaya biru akan meningkat dan bisa melawan radikal bebas. Lutein dan zeaxanthin juga dapat mencegah katarak, yaitu kekeringan pada lensa mata yang menjadikan gangguan penglihatan.

Kandungan gizi selada air

Vitamin B,C dan E
NSP
Zat besi
Potasium
Sorbitol
Beta-karoten
GI 57 (yang segar)

Kelebihan Selada air

  • Sumber vitamin B dan vitamin E yang melindungi saraf dan jantung dari kerusakan akhir olah raga berlebihan.
  • Kombinbasi yang andal dari karoten dan zat besi untuk meningkatkan kemampuan darah dalam mengangkut oksigen
  • Karotenoid melindungi mata dari sinar ultra violet. Sangat baik untuk atlit luar ruangan.

Selada air kalau dimakan mentah memberikan banyak zat gizi bagi tubuh. Sebagian nutrisi selada hilang dikala dimasak, tetapi kalau dikala memasaknya dalam bentuk sayuran berkuah, ibarat sup, maka nutrisinya akan tetap ada didalam kuah.
Selada air merupakan sumber folat yang baik. sayuran ini mengandung cukup banyak vitamin B, ibarat thiamin (B1), ribloflavin (B2), niacin (B3), prindoksin (B6) dan asam pantotenat (B5). Selada air juga memiliki banyak vitamin C dan E, antioksidan yang bekerja bersama karoten dalam tumbuhan untuk melindungi badan dari penyakit kanker dan penyakit jantung. Selada juga mengandung NSP (serat), rendah lemak dan hanya mengandung minyak alami.
Selada air yakni tanaman berkhasiat yang bisa menjadi sumber tenaga sebab kaya kalsium, potasium dan zat besi, selain itu sayuran ini mengandung sulfur, klorida, magnesium, tembaga dan seng.
Magnesium seringkali diabaikan, padahal mineral ini diharapkan oleh banyak enzim yang berfungsi penting bagi kesehatan tubuh. misalnya untuk pelepasan energi dari makanan, untuk membantu kerja vitamin B, untuk pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh, serta untuk transmisi impuls saraf keseluruh tubuh.
Senyawa minyak alami dalam selada air merupakan antibiotik alami, berbeda dengan antibiotik medis antibiotik ini tidak berbahaya bagi basil yang hidup pada sistem pencernaan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, tapi patut diingat mengkonsumsi selada air tidak dapat menggantikan beberapa antibiotik khusus dari dokter.