Manfaat daun sembung untuk kesehatan – Daun sembung ialah berasal dari tanaman yang memiliki nama latin Blumea Balsamifera, yang dapat anda manfaatkan untuk mengobati banyak sekali macam penyakit, dari penyakit yang paling ringan hingga yang berat. Tentu sangat baik untuk kesehatan badan anda.
Daun sembung ini tergolong dalam tanaman semak atau tanaman liar yang mampu anda temui di banyak sekali wilayah. Daun dari tanaman sembung ini memiliki kandungan zat kimia ibarat limonene, tannin, cineole, borneol, pirokatechin, glikosida, limonene, asam palmitin, sesquiterpen, minyak atsiri, myristin, dan zat bergetah yang biasa digunakan sebagai materi pembuatan kapur barus. Selain itu, flavanol yang terdapat dalam tanaman ini memiliki sifat anti inflamasi dan diuretik, sehingga sangat baik untuk melawan kuman, menghangatkan tubuh, melancarkan pemikiran darah dan masih banyak lagi.
Jika berbicara wacana manfaat daun sembung, gotong royong manfaatnya sangatlah banyak. Daun ini mampu anda manfaatkan untuk bermacam-macam duduk perkara kesehatan. Nah, berikut ini beberapa manfaat daun sembung untuk kesehatan tubuh:
 Daun sembung ialah berasal dari tanaman yang memiliki nama latin Blumea Balsamifera Inilah Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan
Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan

1. Mengobati flu dan batuk

Kekebalan badan yang menurun memang dapat membuat badan mudah terkena banyak sekali macam penyakit, termasuk flu dan batuk. Meskipun tergolong ringan, flu dan batuk dapat mengganggu acara seharian. Anda dapat memanfaatkan daun sembung untuk mengobatinya. Caranya, siapkan 1/4 genggam daun sembung, 1/2 sdm adas, 1/3 genggam daun bayam berduri, 10 cm pulosari, dan 1/4 genggam kayu angin. Cucilah semua materi hingga bersih. Lalu rebuslah bersama 4 gelas air. Setelah mendidih lalu minum airnya 2 kali sehari hingga terasa lebih baik.

2. Mengobati gatal-gatal

Anda mengalami duduk perkara dengan kulit yang terasa gatal? Untuk menghilangkan rasa gatal, anda mampu memanfaatkan daun sembung. Caranya, rebus 15 gram daun sembung yang telah dikeringkan selama beberapa menit. Anda cukup meminum air rebusan tersebut rutin setiap hari. Sedangkan untuk pengobatan luar, rebuslah daun sembung dan tempelkan daun tersebut pada kulit yang timbul bisul atau nanah 

3. Mengobati diare

Untuk mengobati diare bukan hanya dengan jambu biji saja, tapi anda juga mampu menggunakan sembung, yaitu daun sembung. Caranya cukup merebus segenggam daun sembung ke dalam 3 gelas air hingga berkurang separuhnya. Lalu tambahkan sedikit madu. Minumlah secara rutin setiap hari 3 kali dalam takaran setiap minuman 1/2 gelas.

4. Mengobati sakit kepala akhir peradangan rongga sinus

Untuk mengobati rasa sakit kepala anda akhir peradangan rongga sinus, anda mampu memanfaatkan daun sembung sebagai obat alami. Cukup siapkan 5 helai daun sembung, lalu hancurkan dan panaskan di atas api terbuka. Saat masih panas, letakkan daun tersebut pada dahu anda untuk rongga tulang depan mata, dan tulang pada dahi untuk rongga tulang rahang atas serta rongga tulang tapis. Kalau sudah dingin, ganti dengan daun hangat lainnya sebanyak 5 daun tersebut. Lakukanlah secara rutin setiap hari.

5. Mengobati rematik

Anda juga dapat mengobati rematik dengan memanfaatkan daun sembung. Daun ini memiliki kandungan yang dapat mengatasi duduk perkara rematik. Cukup sediakan akar sembung sebanyak 30 gram dan daun gandarusa 60 gram. Cuci semua daun tersebut dan dipotong-potong seperlunya. Kemudian rebuslah dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saringlah air tersebut dan minumlah 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

6. Meningkatkan nafsu makan

Anda memiliki nafsu makan yang rendah? Untuk meningkatkan nafsu makan anda, anda mampu memanfaatkan daun sembung. Caranya cukup mudah, rebus 6 lembar daun sembung dan 2 gelas air hingga airnya berkurang 1/2 gelas. Setelah hirau taacuh lalu saring airnya. Tambahkan 2 sdm madu, kemudian minum airnya secara rutin setiap pagi dan sore hari.

7. Mengobati penyakit maag

Penyakit maag memang sangat mengganggu. Untuk menyembuhkannya, anda dapat menggunakan cara alami, yaitu dengan daun sembung. Rebus 5 lembar daun sembung dan 3 gelas air, hingga airnya tersisa 1/2 gelas saja. Tambahkan 1/4 sdt garam dan minumlah secara rutin di pagi hari sebelum sarapan.

8. Mengatasi nyeri haid atau haid tidak teratur

Untuk mengatasi rasa nyeri ketika anda haid, anda mampu memanfaatkan daun sembung dengan mengambil 7 lembar daun sembung basuh bersih. Selanjutnya panggang atau sangrai beberapa biji kedaung lalu haluskan. Rebuslah bahan-bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, tambahkan satu sendok madu dan minumlah ramuan ini.

9. Mengobati nyeri dada akhir penyempitan pembuluh darah jantung

Anda mengalami nyeri dada akhir penyempitan pembuluh darah jantung? Siapkan daun sembung sebagai obat alami untuk menyembuhkannya. Ambil setengah daun sembung, basuh hingga bersih lalu rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi 3/4 air. Setelah dingin, saringlah airnya, lalu tambahkan madu secukupnya. Kemudian minumlah 3 kali sehari, masing-masing sebanyak 3/4 gelas.
Demikianlah informasi wacana Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.