coba perhatikan perubahan tinggi tubuh dikala masih anak Mengenal Macam-macam Penyakit Tulang Mengenal Macam-macam Penyakit Tulang. Tahukah anda, ternyata tulang itu hidup, coba perhatikan perubahan tinggi tubuh dikala masih belum dewasa hingga dewasa, bertambah terus bukan? Tulang memperbarui terus menerus menjaga kekuatanya, tulang rusak diganti dengan yang gres dan kuat, proses ini dinamakan peremajaan tulang.

Ada dua jenis sel utama dalam tulang, yaitu osteoklas dan osteoblas. Osteoklas bertugas merusak, menghancurkan dan membuang tulang yang sudah tua, sedangkan Osteoblas berfungsi membentuk tulang baru. Saat usia menjelang bau tanah osteoklas lebih aktif sedangkan osteoblas kurang aktif. hal ini menimbulkan tulang banyak yang rusak. Nah untuk itu kita cari tahu apa saja penyebab dari kerusakan tulang tersebut.

Mengenal Macam-macam Penyakit Tulang


Osteoporosis
Osteoporosis, yang secara harfiah berarti tulang keropos, yaitu penyakit di mana kwalitas dan kepadatan tulang berkurang. Sebagian tulang menjadi lebih rapuh dan berpori, risiko akan patah tulang sangat meningkat. Hilangnya tulang terjadi tanpa disadari dan progresif. Seringkali tidak ada gejala hingga patah tulang pertama terjadi. 

Osteoporosis biasa terjadi pada lansia, tulang akan mengalami kepadatan akhir penuaan, hal ini yaitu gejala biasa, tapi gejala ini menjadi penyakit apabila tulang tersebut mudah patah, pada orang normal tulang berpengaruh dan hanya patah jikalau terjadi benturan sangat keras, dan seiring bertambah usia kepadatan tulang menurun, tulang menjadi tipis dan rapuh, berkurangnya kepadatan tulang yaitu gejala osteoporosis. Tulang insan akan berkurang kepadatanya mulai usia 40 tahun. Wanita lebih banyak kehilangan tulang dibanding pria., apalagi jikalau menjelang monopause, hormon estrogen akan berkurang, sebab hormon estrogen bertugas membentuk dan mempertahankan tulang. Baca juga macam macam penyakit rematik

Osteomyelitis

Osteomyelitis yaitu infeksi pada tulang. Osteomyelitis dapat terjadi pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa. Berbagai jenis kuman biasanya menghipnotis kelompok usia yang berbeda. Pada anak-anak, osteomyelitis  sering terjadi pada ujung tulang panjang pada lengan dan kaki, meliputi pinggul, lutut, bahu, dan pergelangan tangan. Pada orang dewasa, hal ini lebih sering terjadi pada, kaki, pinggul, atau tulang tulang belakang (vertebra).
Sedanglan yang menimbulkan osteomyelitis. diantaranya yaitu kuman yang beredar melalui pemikiran darah (bakteremia) dan menyebar ke tulang, menimbulkan infeksi. Hal ini paling sering terjadi dikala pasien mengalami infeksi pada organ lain di tubuh, menyerupai pneumonia,  gigi bengkak, atau infeksi kanal kemih yang menyebar melalui darah ke tulang.
Osteomalacia
Osteomalacia yaitu melemahnya tulang sebab duduk perkara dengan pembentukan tulang atau proses pembangunan tulang. Hal ini tidak sama dengan osteoporosis, yang merupakan pelemahan tulang hidup yang telah terbentuk dan sedang direnovasi.
Sedangkan penyebab osteomalacia yaitu kekurangan vitamin D. Vitamin D merupakan nutrisi penting yang membantu  menyerap kalsium dalam tubuh. Vitamin D juga membantu menjaga kadar kalsium dan fosfat untuk pembentukan tulang yang tepat. Vitamin D diserap kulit dari paparan sinar UV di bawah sinar matahari, dan juga dapat diserap dari makanan menyerupai produk susu dan ikan. Sedangkan jikalau tubuh kurang vitamin D tentu tubuh tak dapat memproses kalsium kedalam tulang dengan benar
Rickets
Rickets atau Rakhitis adalah gangguan tulang pada belum dewasa di mana tulang melunak dan menjadi rentan terhadap patah tulang dan deformitas.  Penyebab utama rakhitis yaitu kurangnya vitamin D yakni. Tidak memiliki cukup kalsium pada tulang anak. seorang anak dikala muntah dan diare dapat penyebab menderita rakhitis,  menderita ginjal dan penyakit hati masa kanak-kanak juga dapat menimbulkan rakhitis,  Sebagian besar kasus rakhitis yaitu gizi buruk. 
Rakhitis sangat berbahaya pada anak-anak, meskipun gangguan tersebut juga dapat menghipnotis orang remaja (osteomalacia). Dalam kebanyakan kasus, anak menderita rakhitis jangka panjang yang parah dan kekurangan gizi , biasanya terjadi pada anak usia dini.
Demikianlah sedikit penjelasan mengenai macam-macam penyakit tulang dan gejalanya dari , supaya ada manfaat.