Manfaat daun kelor untuk kesehatan – Daun kelor yakni jenis daun yang terdapat pada tumbuhan kelor yang tergolong dalam suku moringaceae. Tumbuhan ini memiliki tinggi sekitar 7 – 11 meter. Daun ini memiliki bentuk yang bundar dan memiliki ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai. Biasanya daun ini dimanfaatkan untuk dijadikan sayur atau obat.
Berbicara wacana daun kelor, bergotong-royong daun ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya bisa memperlihatkan manfaat yang baik untuk tubuh. Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari daun kelor. Padahal daun kelor dapat dijadikan pilihan alternatif sebagai obat alami yang dapat menyembuhkan dan mencegah banyak sekali macam penyakit.
Bahkan teh dari daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi. Kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi mendetoksifikasi tubuh, sehingga sistem kekebalan badan meningkat. Selain itu, ada juga manfaat lain dari daun kelor. Berikut ini beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan:
 Daun kelor yakni jenis daun yang terdapat pada tumbuhan kelor yang tergolong dalam suku  Manfaat Dan Efek Samping Daun Kelor untuk Kesehatan
Manfaat Dan Efek Samping Daun Kelor untuk Kesehatan

1. Menyediakan energi

Daun kelor dapat membantu meningkatkan energi anda. Bahkan secangkir daun teh kelor yang dikonsumsi setiap pagi dapat membantu menguatkan badan untuk tetap pro aktif sepanjang hari. Tubuh anda akan merasa lebih baik dan berenergi setelah mengkonsumsi teh daun kelor.

2. Menyediakan nutrisi

Selain sebagai minuman bergizi, daun kelor juga dapat membantu menyediakan banyak sekali macam nutrisi. Kandungan didalamnya sangat berperan penting dalam memelihara otak dan mata. Oleh karena itu, kalau anda ingin memiliki otak yang cerdas dan cepat dalam mengambil keputusan atau cepat dalam berpikir, maka rutinlah konsumsi daun kelor.

3. Sebagai antioksidan yang kuat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa daun kelor memiliki sifat antioksidan yang kuat. Kandungan vitamin C dan E didalamnya bertindak sebagai antioksidan berpengaruh yang melindungi badan dari banyak sekali serangan radikal bebas berbahaya. Dengan begitu, kerusakan kulit akhir radikal bebas dapat dicegah atau dikurangi. Selain itu, kandungan vitamin A didalamnya juga dapat membantu memperbaiki dan memelihara jaringan kulit.

4. Membersihkan darah

Darah yang kotor dapat menyebabkan penyakit, selain itu juga dapat menyebabkan rusaknya kecantikan kulit. Darah kotor dalam badan dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik merah, flek hitam, atau noda lainnya pada kulit, sehingga kulit menjadi kotor. Untuk mengatasinya, anda harus membersihkan darah anda. Anda dapat memanfaatkan daun kelor untuk membersihkan darah secara alami. Cukup haluskan daun kelor bersih dengan blender. Campurkan susu dan minumlah rutin.

5. Mengobati rematik

Bagi anda yang memiliki persoalan penyakit rematik, anda dapat menyembuhkannya dengan memanfaatkan daun kelor. Daun kelor memiliki kandungan alami yang dapat mengobati rematik, mengurangi rasa sakit pada sendi dan dapat mengurangi penumpukan asam urat pada sendi, sehingga sangat cocok bagi anda yang memiliki persoalan rematik dan penyakit sendi.

6. Menghilangkan bekas luka

Bekas luka merupakan tumbukan dari sel kulit mati yang berada di kawasan sama. Daun kelor dapat anda manfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati tersebut. Itu artinya daun kelor dapat membantu menghilangkan bekas luka. Cukup haluskan daun kelor sampai menyerupai pasta, lalu oleskan pada bekas luka anda.

7. Menyehatkan mata

Daun kelor mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Konsumsilah daun kelor secara rutin untuk menjaga kesehatan mata anda. Anda bisa mengkonsumsi daun kelor dengan cara diolah apapun. Atau anda dapat merebus daun kelor dan basuhkan air rebusan tersebut mata anda yang sedang sakit.

8. Mencegah kanker

Kanker yakni salah satu penyakit berbahaya dan mematikan. Namun anda dapat mencegahnya dengan memanfaatkan daun kelor. Kandungan potasium yang terdapat dalam daun kelor ini dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit kanker.

9. Mengatasi diabetes

Daun kelor juga dapat anda manfaatkan untuk mengatasi persoalan penyakit diabetes. Daun kelor akan mengurangi kadar gula dalam darah secara perlahan. Daun kelor disajikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Konsumsilah daun kelor secara rutin. Sebab, daun kelor dapat mencegah naiknya kadar gula darah.

 10. Penyakit jantung

Penyakit jantung juga merupakan salah satu penyakit mematikan. Jika dibiarkan akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Anda dapat memanfaatkan daun kelor untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun kelor bisa memperbaiki kerusakan jantung secara perlahan dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

11. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi yang terdapat dalam daun kelor juga sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya persoalan kulit menyerupai jerawat, komedo, dan lainnya. Kandungan dalam daun kelor juga dapat membuat kulit halus serta lembut. Anda bisa menimbulkan daun kelor sebagai sayur dan dikonsumsi. Atau bisa menumbuk eksklusif daun kelor bersih dan jadikan sebagai masker wajah.

Efek samping daun kelor

Daun kelor memang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Namun daun kelor juga memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. Daun kelor akan memperlihatkan manfaat kalau digunakan atau dimanfaatkan dengan tepat. Daun, buah, dan biji-bijian mungkin aman untuk dimakan, namun hindari memakan episode akar. Akar yakni episode tanaman yang beracun yang dapat melumpuhkan bahkan mematikan.
Daun kelor juga tidak cocok bagi ibu yang sedang hamil. Hal ini karena adanya kandungan kimia dalam akar, kulit, kayu, dan bunganya yang dapat membuat kontrak rahim dan ini bisa menyebabkan keguguran. Memang belum ada isu yang tersedia mengenai keamanan dalam menggunakan episode lain dari kelor selama kehamilan. Namun daun kelor juga biasa digunakan sebagai peningkat produksi ASI. Namun juga belum ada isu pasti yang cukup mengenai keamanan untuk bayi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari daun kelor ketika sedang hamil atau menyusui.