Manfaat daun bawang untuk kesehatan dan kecantikan – Anda pasti tidak abnormal lagi dengan daun bawang bukan? Ya, daun bawang atau biasa disebut dengan seledri ini memiliki aroma yang khas. Biasanya daun ini digunakan sebagai campuran pada suatu masakan, misalnya pada soto, bakso, lumpia, gorengan, dan lain sebagainya.
Berbicara wacana daun bawang, sesungguhnya daun ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Bukan hanya sebatas sebagai campuran kuliner saja, tapi juga dapat menawarkan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Daun bawang memiliki kandungan gizi yang tinggi, ibarat vitamin A, C, K, asam folat, kalsium, protein, potasium, karbohidrat, lemak, dan rendah kalori. Daun bawang ini juga bersifat antioksidan dan antibakteri, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.
Salah satu manfaat dari daun bawang itu sendiri ialah sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini alasannya sifat antioksidan dan antibakteriny. Selain itu, berikut ini beberapa manfaat daun bawang untuk kesehatan dan kecantikan:
Manfaat daun bawang untuk kesehatan dan kecantikan Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan
Add captionManfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun bawang untuk kesehatan

1. Kaya mineral, rendah kalori

Daun bawang sangat kaya akan kandungan mineralnya terutama zat besi dan kalium. Mineral tersebut sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi anda, terutama bagi penderita anemia. Kalium yang tedapat dalam daun bawang berfungsi mengatur kadar cairan tubuh, menjaga fungsi jantung, dan mencegah kram otot. Daun bawang juga rendah kalori. Sehingga sangat cocok untuk anda konsumsi.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun bawang tinggi akan quercetin dan kemferfol. Kedua zat tersebut sangat baik untuk kulit dan dapat membantu meningkatkan imunitas badan secara keseluruhan. Sangat baik untuk melawan penyakit ibarat pilek, demam, flu, dan batuk. Selain itu, kandungan antibakteri, anti jamur, dan anti virus didalamnya juga bisa menambah kesempurnaan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Menyehatkan pencernaan

Pencernaan badan sangatlah penting untuk dijaga kesehatannya. Sebab, dalam pencernaan itulah terjadinya proses perembesan zat-zat gizi yang ada dalam makanan. Untuk menyehatkan pencernaan, anda bisa rutin mengkonsumsi daun bawang. Daun bawang mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu mengatasi problem pencernaan ibarat sembelit, atau susah BAB.

4. Menjaga kesehatan mata

Daun bawang juga kaya akan kandungan vitamin A. Sangat baik untuk kesehatan mata anda. Kaprikornus bukan hanya wortel saja yang bisa anda konsumsi untuk kesehatan mata. Daun bawang juga baik untuk kesehatan mata. Anda cukup mengkonsumsi secara rutin biar kesehatan mata anda tetap terjaga.

5. Mencegah terjadinya anemia

Anemia atau kekurangan darah memang sangat berbahaya kalau dibiarkan saja. Anda bisa menyembuhkannya secara perlahan dan mencegahnya dengan memanfaatkan daun bawang. Daun bawang mengandung zat besi yang bisa meningkatkan produksi darah dalam tubuh. Sangat cocok bagi anda yang memiliki problem dengan anemia.

6. Mengobati cacingan

Buah hati anda mengalami problem cacingan? Anda tidak perlu khawatir, anda bisa mengobatinya secara perlahan dengan memanfaatkan daun bawang. Daun bawang dapat membantu mengatasi cacingan dan mencegah sang buah hati mengalami cacingan kembali.

7. Mengobati infeksi

Daun bawang bersifat antibakteri, anti jamur, dan anti virus. Sehingga sangat baik untuk mengobati infeksi dan luka yang ada dalam tubuh. Jangan ragu untuk mengobati infeksi anda dengan daun bawang ini. 

8. Menjaga kekuatan tulang

Kandungan vitamin K dalam daun bawang bisa membantu menjaga kesehatan tulang dalam jangka panjang. Vitamin K ini akan membantu regulasi sel yang dapat mencegah demineralisasi tulang. Hal ini juga dibantu dengan produksi protein tulang yang disebut osteocalcin, yang sangat penting untuk kepadatan mineral tulang biar terhindar dari penyakit pada tulang.

 9. Mencegah diabetes

Daun bawang juga dapat membantu mencegah terjadinya diabetes dalam badan anda. Kandungan phyto-kimia yaitu allium dan alil disulfida didalamnya memiliki sifat anti diabetes. Zat ini akan membantu anda dalam mencegah degradasi insulin dalam badan dan meningkatkan metabolisme glukosa.

10. Menyehatkan jantung

Sayuran daun bawang ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini alasannya adanya senyawa cycloallin yang terkandung didalamnya yang berfungsi mengencerkan darah. Sehingga dapat mencegah penggumpalan darah. Selain itu, juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit aterosklerosis.

Manfaat daun bawang untuk kecantikan

1. Mengatasi jerawat

Selain bermanfaat untuk kesehatan, daun bawang juga bermanfaat untuk kecantikan. Anda dapat memanfaatkan daun bawang untuk mengatasi problem jerawat pada kulit wajah anda. Kandungan zat allicin yang bersifat antibakteri ini sangat membantu mengatasi problem basil penyebab jerawat. Cukup haluskan beberapa tingkai daun bawang dan tempelkan pada kulit wajah.

2. Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam daun bawang dapat membantu mencerahkan kulit wajah anda. Kandungan vitamin tersebut juga dapat mencegah pigmentasi dan mengangkat sel kulit mati pada badan anda. Sehingga kulit akan menjadi lebih cerah, berseri, dan tampak lebih muda.

3. Mencegah penuaan dini

Daun bawang kaya akan kandungan antioksidan, vitamin A, E, dan K. Kandungan tersebut dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit anda. Konsumsilah secara rutin biar kulit anda terhindar dari problem penuaan dini ibarat garis halus, kerutan, dan lain sebagainya.

4. Mengatasi rambut rusak

Bagi anda yang ingin biar rambutnya tetap sehat, lebat, dan terawat. Anda dapat memanfaatkan daun bawang untuk perawatannya. Nutrisi dan gizi yang terdapat dalam daun bawang bisa menjaga kesehatan rambut. Caranya, tumbuk halus daun bawang. Lalu jadikan sebagai masker rambut. Lakukan secara rutin.
Demikianlah informasi wacana Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.