Manfaat buah blueberry untuk kesehatan – Blueberry yaitu salah satu buah yang masuk dalam kategori buah berry. Seperti halnya buah berry lainnya yaitu stroberry dan lainnya, buah blueberry juga kaya akan kandungan antioksidannya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan tubuh.
Buah blueberry memang memiliki bentuk yang mungil kecil, namun tolong-menolong buah ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang telah memanfaatkan buah blueberry untuk mengobati banyak sekali macam penyakit. Sebenarnya buah ini memiliki dua varietas terkenal,  yang pertama yaitu jenis blueberry liar dengan nama ilmiah vaccinium angustifolium, sedangkan jenis kedua yaitu vaccinium corymbosum yang umumnya dikenal sebagai bluerberry yang dibudidayakan.
Jika berbicara ihwal blueberry, tolong-menolong apa saja sih manfaat dari blueberry ini untuk kesehatan? Meskipun buah ini kecil, namun manfaatnya sangatlah besar. Berikut ini beberapa manfaat buah blueberry untuk kesehatan:
 Blueberry yaitu salah satu buah yang masuk dalam kategori buah berry 11 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan
Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Blueberry memiliki kandungan banyak sekali macam vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Seperti vitamin A, B, C, dan E, serta kandungan antosionin. Semua kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh anda akan lebih besar lengan berkuasa dan lebih kebal terhadap serangan penyakit kalau mengkonsumsi blueberry secara rutin.

2. Mengatasi problem pencernaan

Jika anda memiliki problem pencernaan, anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan buah blueberry. Selain itu, blueberry juga dapat membantu mencegah kontipasi. Hal ini karena blueberry mengandung vitamin, asam, dan fruktosa yang tinggi dan bermanfaat.

3. Menjaga penglihatan dan kesehatan mata

Buah yang satu ini juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Blueberry dapat anda jadikan sebagai obat alami untuk mencegah dan mengobati abses dan penyakit yang berkaitan dengan fungsi retina serta mengontrol penglihatan supaya dapat melihat dengan tajam. Anda juga dapat mengatasi problem ocular dengan mengkonsumsi blueberry secara reguler.

4. Mencegah gangguan otak

Kandungan vitamin, antosianin, natrium, kalium, seng, fosfor, magnesium, dan mangan yang ada di dalam buah blueberry dapat membantu melindungi otak anda dari banyak sekali macam gangguan penyakit. Kandungan tersebut dapat melindungi otak dari gangguan neurotik dengan mencegah degenerasi sel-sel otak dan neuron. Buah blueberry ini juga sangat baik untuk mencegah alzheimer.

5. Menguatkan tulang

Bagi anda yang memiliki problem tulang, anda juga dapat memanfaatkan buah blueberry. Buah ini sangat baik untuk kesehatan tulang. Kandungan manganese didalamnya dapat membantu menguatkan tulang. Sehingga anda akan lebih terhindar dari risiko tulang keropos atau osteoporosis.

6. Mencegah abses susukan kemih

Blueberry juga sangat baik untuk mencegah terjadinya abses pada susukan kemih. ISK terjadi karena pertumbuhan basil e.coli dan basil lainnya di bersahabat dinding adegan dalam susukan kemih. Dengan mengkonsumsi blueberry secara rutin dapat membantu membunuh basil tersebut dan melindungi susukan kemih.

7. Melindungi tubuh dari kanker

Kanker yaitu salah satu penyakit yang sangat berbahaya juga tidak segera ditangani. Sebelum terserang penyakit kanker, lakukanlah pencegahan dengan rutin mengkonsumsi buah blueberry. Blueberry mengandung phytonutrient yang dapat membantu mencegah penyakit kanker usus dan kanker rahim.

8. Meningkatkan kadar glukosan dan insulin

Blueberry sudah terbukti bisa mengurangi timbunan lemak dalam perut. Dalam beberapa penelitian, blueberry diberikan pada tikus. Hasilnya, tikus tersebut mengalami penurunan berat tubuh dan massa liver. Mengapa ukuran liver penting? Sebab, banyak sekali penyakit yang dihubungkan dengan besarnya ukuran liver, ibarat resistensi insulin, obesitas, dan juga diabetes. Selain itu, bluberry juga bermanfaat untuk peningkatan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh.

9. Mengurangi kolesterol jahat

Kolesterol jahat dalam tubuh memang sangat mengganggu. Bahkan dengan kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan banyak sekali macam gangguan kesehatan. Untuk mengatasinya anda dapat memanfaatkan buah blueberry. Buah ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, selain itu juga dapat mencegah darah tinggi dan penyakit jantung. Radikal bebas yang menimbulkan kanker dapat dinetralisasi oleh kandungan antioksidan didalamnya.

10. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa buah blueberry dapat membantu mencegah penyakit jantung. Buah ini akan dapat menjaga zat nitrit oksida yang membuat dinding arteri tetap fleksibel sehingga mencegah terjadinya penyakit jantung. Jantung pun akan terjaga kesehatannya dengan baik.

11. Anti penuaan

Blueberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan antioksidannya dapat membantu mengurangi efek penuaan akhir radikal bebas. Hal ini juga dikarenakan kandungan vitamin C dalam buah blueberry.
Demikianlah isu ihwal Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan. Semoga isu diatas bermanfaat. Terimakasih.