Brokoli Brassica oleracea diperkenalkan ke indonesia pada  Manfaat Khasiat Brokoli untuk Kesehatan Manfaat Khasiat Brokoli untuk Kesehatan. Brokoli telah ada semenjak jaman Romawi, dan sangat dinikmati oleh orang Romawi. Brokoli Brassica oleracea diperkenalkan ke indonesia pada 1970, brokoli biasa direbus atau dikukus juga mampu dimakan langsung. Brokoli menerima namanya dari kata Italia “broccolo”, yang berarti “kubis tunas”.

Kandungan manfaat brokoli sangatlah tinggi, secangkir brokoli bila dimasak menunjukkan lebih banyak vitamin C menyerupai halnya jeruk, dan sangat kaya akan beta-karoten. Brokoli mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, zat besi, magnesium, kalium, dan seng, juga tinggi serat dan rendah kalori.

Manfaat Khasiat Brokoli untuk Kesehatan

Nutrisi brokoli
Nutrisi brokoli menyampaikan banyak manfaat kesehatan. dan sumber besar vitamin K, A, dan C, selain serat, kalium, folat, dan lutein.

Vitamin K
Penting untuk fungsi banyak protein yang terlibat dalam pembekuan darah, juga baik untuk pemeliharaan tulang.

Vitamin A
Membantu visi dan dibutuhkan untuk sistem kekebalan tubuh dan produksi sel darah merah.

Vitamin C 
Membangun kolagen, yang membentuk jaringan tubuh dan tulang, dan membantu menyembuhkan luka. Vitamin C yaitu antioksidan besar lengan berkuasa dan melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak.

Kalium
Mineral dan elektrolit yang penting untuk fungsi saraf dan kontraksi jantung. kekurangan kalium dapat berakibat kulit kering dan kurangnya refeksi.

Folat 
Diperlukan untuk produksi dan pemeliharaan sel-sel gres dalam tubuh. wanita hamil sangat memerlukan asam folat guna mencegah bayi lahir cacat.

Lutein 
Dapat memperlambat perkembangan terkait usia degenerasi makula dan katarak. Lutein karotenoid pula dapat mencegah penyakit mata dan merawat retina.

Anti Kanker
Kandungan Phytochemical yang terdapat Pada brokoli dapat mengurangi resiko penyakit kanker payudara, kanker paru dan usus besar. Dengan manfaatnya yang besar para peneliti sangat menganjurkan menyantap hidangan ini. Baca juga Macam-macam tanaman untuk mengobati penyakit kanker.

Diet 
Konten dalam brokoli sangat rendah hanya sekitar 146 g, bagi orang yang berusaha mengurangi berat tubuh mengkonsumsi brokoli sangatlah tepat. Silahkan baca 7 buah buahan yang cocok untuk aktivitas diet.

Dengan memasukkan brokoli dalam diet Anda secara teratur Anda dapat mengurangi dan mencegah penyakit menyerupai kanker, diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan dapat membantu menurunkan kolesterol darah.