aroma segar dan harum dari lemon sering digunakan untuk mengharumkan banyak produk rumah  Manfaat Buah Lemon untuk KesehatanManfaat Buah Lemon untuk Kesehatan. Lemon (citrus) bersifat meningkatkan kesehatan, aroma segar dan harum dari lemon sering digunakan untuk mengharumkan banyak produk rumah tangga dan kecantikan. Lemon dikenal mempunyai kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, lemon telah terbukti membantu melawan infeksi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan meningkatkan upaya penurunan berat badan

Lemon, juga disebut dengan nama Latin Citrus limon,  merupakan tanaman asli Asia. Pohon lemon diperkenalkan ke Eropa, tapi tidak banyak dibudidayakan di sana hingga kala ke-15, Christopher Columbus memperkenalkan benih lemon ke Amerika selama perjalanannya. Lemon diproduksi secara komersial di Cina dan Meksiko, serta negara-negara Amerika Selatan dari Brasil dan Argentina.

Kandungan Buah Lemon

Lemon hampir semua fisik buahnya bermanfaat bagi kesehatan. Jus Lemon sering banyak digunakan untuk  kesehatan yang mudah diekstrak. Lemon jus yaitu asam (pH 2-3) terdiri dari sekitar 5% Asam Sitrat. Daun dari pohon lemon dapat digunakan untuk membuat teh dan bumbu ketika memasak daging dan makanan laut.
Buah dan kulit yang digunakan dalam penyusunan makanan dan minuman untuk rasa dan aroma. komponen yang sangat serbaguna yaitu minyak esensial yang terkandung dalam kulit tersebut. Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di bawah ini.

Lemon dapat berfungsi membantu kesehatan dalam aneka macam bentuk, termasuk sebagai minyak esensial untuk dihirup atau dioleskan, mampu sebagai jus, teh, dijadikan air mandi atau mencuci wajah dan tubuh. juga dapat digunakan sebagai antibakteri alami.

Vitamin C
Lemon mengandung vitamin C, satu lemon menawarkan lebih dari 60 persen nutrisi dari tunjangan harian yang direkomendasikan. Lemon juga mengandung aneka macam vitamin dan mineral lainnya.

Minyak Atsiri
Minyak esensial lemon berasal dari kulit, yang membuat naik sekitar 45 persen dari lemon tersebut. Minyak Lemon mengandung sekitar 70 persen limonene dan sekitar 20 persen monoterpen lainnya. Minyak ini juga mengandung sekitar 6 persen aldehida, alkohol, dan ester, menyerupai citral dan linalool, dengan konsentrasi kurang dari 1 persen dari kumarin.

Berikut yaitu beberapa manfaat kesehatan yang paling menarik dari lemon dan minyak esensial :

Minyak Esensial Lemon
Minyak esensial lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ditambah dengan aroma yang menyenangkan dan berbeda dengan aroma yang lain, sebagian menyebut minyak aromaterapi yang disukai. Digunakan pada tubuh dengan cara diambil secara internal bila diencerkan, atau dioleskan untuk aneka macam kondisi.

Meningkatkan mood
Studi yang dilakukan oleh The Ohio State University menunjukkan bahwa bila subjek terkena aroma minyak lemon secara konsisten kuat dengan suasana hati yang lebih baik dan lebih positif, menunjukkan efek fisik dan emosional yang kuat baik terhadap otak.

Meningkatkan energi dan kewaspadaan
Aroma lemon juga dapat meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kewaspadaan, fokus, mental, dan kejelasan. Efek revitalisasi minyak lemon yaitu karena aroma semangat dan energi-nya. Minyak lemon juga dapat diambil secara internal untuk meningkatkan energi.

Sifat antimikroba
Minyak lemon memiliki sifat antimikroba, sehingga sangat baik untuk mengurangi aneka macam jenis bakteri, virus, dan jamur. Hal ini dapat digunakan secara internal untuk membantu terhadap gejala pilek dan flu dan membantu melancarkan pencernaan.

Mengatasi Jerawat
Asam sitrat dan vitamin C yang terkandung dalam lemon telah terbukti mampu menyembuhkan jerawat. Lemon juga membunuh banyak bentuk kuman yang diketahui penyebab jerawat. Minum jus lemon setiap hari yaitu cara termudah untuk memasuki tahap-tahap penyembuhan. Menambahkan madu atau mawar dengan lemon dan dioleskan didaerah kulit yang terkena jerawat telah terbukti menjadi cara yang efektif. dilakukan rutin sekitar 2 jam perhari. atau mengoleskan minyak lemon eksklusif kedaerah kulit yang berjerawat dengan kapas kemudian dibiarkan semalaman, lalu basuh dengan air hangat. Baca juga Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Mengobati Sariawan
Lemon telah terbukti secara ilmiah sebagai antivirus dan anitbacterial. Segelas jus lemon hangat yang dicampur dengan air di sekitar ekspresi tiga kali sehari dapat menyembuhkan sariawan.  mungkin pada awalnya agak perih, tapi reaksi ini bagus mengakibatkan luka lebih steril. Baca juga Obat Tradisional Penyakit Sariawan

Menyembuhkan Demam
Lemon yaitu buah yang mempunyai sifat menenangkan, jus lemon dan madu  adalah solusi yang bagus untuk demam. Mengkonsumsi setiap dua jam hingga demam reda.

Mengatasi Pilek dan Flu
Lemon memiliki efek sangat konkret pada pilek dan flu. Vitamin C membantu untuk bisul internal, sedangkan sifat antivirus dari lemon akan membantu pada selaput lendir tenggorokan dan mulut. Caranya campurkan perasan lemon dengan air hangat diminum setiap dua jam

Meringankan Eksim
Penderita eksim telah menemukan pertolongan dari lemon. Encerkan sejumlah kecil minyak esensial lemon dikombinasikan dengan madu kedalam air hangat. Rendam kain kedalam larutan ini, bungkuslah pada tempat tubuh yang terkena eksim selama 15 menit dilakukan 3 kali sehari.

Melawan Kelelahan
Pelari jarak jauh dan pejalan kaki diketahui hanya menempelkan sedotan air lemon, untuk menawarkan dorongan dan energi yang dibutuhkan. Jus lemon tampaknya dapat memuaskan dahaga jauh lebih efektif daripada air saja, dan rasa dan aroma tampaknya dapat menawarkan rangsangan pada otak, menawarkan dorongan mental yang sangat diharapkan juga membantu melawan kelelahan.

Lemon Peel dapat Mengurangi Kolesterol
Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa makan Lemon Peel mampu efektif dalam menurunkan kolesterol. Diperkirakan hal ini disebabkan oleh konsentrasi pektin dari Lemon sebagai materi aktif dalam Peel.