Ulukutek Karedok Leunca kisah khasiat dan resep makanan Ulukutek Karedok Leunca kisah khasiat dan resep makanan Ulukutek Karedok Leunca kisah khasiat dan resep makanan. Leunca atau ranti selalu mempunyai kisah unik, tanaman yang berjulukan Solanium Nigrum L ini rasanya sedikit pahit dan dingin, tapi walau begitu saya dan warga jawa barat selalu menjadikan buah ini sebagai lalap lalapan, disamping long kui (nama lain leunca) enak kalau dijadikan lalap, juga  suka dijadikan sambal. campur cabai ijo, jahe, gula dan garam secukupnya rasanya enak bikin tambah selera makan  bakul jadi ludes.

Uraian tanaman
Dibelakang rumahku ada sebuah kebun kentang tapi  terdapat tanaman Leunca, walau bukan kebunku tapi saya mampu mengambil buah leunca sesuka hati alasannya ialah tanaman ini termasuk tanaman liar, mampu hidup hanya dengan air dan sinar matahari. Tanaman dari Asia barat ini berjenis perdu, dari family solanaceae (terung-terungan) buahnya bundar berkelompok tangkainya bercabang, daunnya tunggal dan tingginya hanya 30-175 cm saja kalau dipulau jawa tanaman ini ada didataran rendah hingga ketinggian 3000 m dpl. Baca Aneka Khasiat Leunca

Khasiat dan manfaat Leunca

Ayahku paling lahap kalau makan dengan buah ini katanya buah ini baik untuk kesehatan  karena kandungan senyawa solasonine, solasodine, solamargine dan solanine terbukti menghambat sel kanker yang tak terkendali

Aku molohok alias bengong, lalu bertanya apa sih sola solaan ituteh ?
Euuuh..   makanya mencar ilmu atuh ledek ayahku lalu menjelaskan :
“Solasodine itu penghilang sakit atawa analgetik, mampu menurunkan panas anti radang juga anti shock. Kalau solasonine dan solamargine itu terkandung senyawa anti bakteri, nah kalau solasine itu berfungsi sebagai antimitosis, yaitu membantu menyembuhkan macam macam kanker, kanker rahim, kanker payudara, lambung dan kanal pernafasan gituh..!”
waaah masa sih terong kecil beginian  khasiatnya andal tanyaku?
“Eeeh jangan salah..!” ayahku menimpal, didalam  leunca ini atau bahasa inggrisnya nightshade, jerman nachtschatten (so bhs asing) kalau diekstak terkandung efek sedative (menenangkan), diuretik (melancarkan airseni) dan ekspektoran (pengencer dahak) ituteh sudah dilakukan semenjak ratusan tahun lalu, contonya di china suka dipakai obat pengurang radang ginjal, dimeksiko sebagai obat pusing, di India, menyembuhkan penyakit anjing gila.

“Yang lebih hebatnya lagih leunca ini mengandung materi sebagai antiseptik, anti inflammasi dan antidisentri. bapak juga katanya (Heiser 1969; Vogel 1990). serbuk dari tanaman leunca sebagai ulcerogenik. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai antimalaria. itu juga katanya (Watt dan Breyer-Brandwijk,1962)

“Tapi sikakek suka melarang mengkonsumsi terlalu banyak, dikarenakan kandungan senyawanya mampu mengakibatkan produksi sperma menurun dan reaksi “siudin” atau penis melemah, tapi bapak 12 bersaudara tandanya sikakek sangat subur, cukup dengan gingseng, kandungan negatif leunca dapat disembuhkan” kalau kau tahunya cuma makan doang..

Resep karedok leunca
Iya sih saya  tak tahu ihwal khasiat leunca,  ada atau tidak ada khasiat dan efek negatifnya tak menghalangiku untuk makan lalap leunca, andaikan ada ajaran larangan makan leunca saya tetap membuat menu ulukutek leunca dan Karedok leunca, hanya tambah oncom, bawang merah, bawang putih dan cabe merah, sebagai bumbu, tidak lupa juga menambah tomat supaya segar, terus gula dan garam secukupnya, semua bahan-bahan dan leunca digerus jadi tumis tambah salam sereh semoga harum terus disajikan bersama nasi anget, dimakan bersama keluarga wiiww…  ni’mat dan mantap

Demikianlah artikel Ulukutek Karedok Leunca kisah khasiat dan resep makanan tercipta dari obrolan program makan keluarga, semoga bermanfaat .)