Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah – Bibir merupakan salah satu adegan badan yang terdapat pada wajah. Bibir sangat besar lengan berkuasa pada kecantikan seorang wanita, sehingga merawat kecantikan bibir ialah hal wajib yang harus dilakukan wanita supaya selalu nampak mengagumkan dan mempesona. Salah satu tanda bibir yang mengagumkan dan sehat ialah bibir yang lembab dan merah merona.
Sudah bukan diam-diam lagi jikalau semua wanita menginginkan bibir yang lembab dan merah merona. Dengan bibir yang lembab dan merah merona akan membuat wanita terlihat mengagumkan dan mempesona. Namun sayangnya, karena faktor gaya hidup cuaca dan lain sebagainya menimbulkan bibir menjadi rusak, kering dan tak jarang pecah-pecah. Tentu keadaan tersebut selain merusak penampilan juga dapat membuat kita menjadi tidak nyaman.
Nah ladies, sebelum kita membahas wacana bagaimana cara mengatasi duduk perkara bibir kering dan pecah-pecah, kita cari tahu terlebih dulu penyebab bibir kering dan pecah-pecah supaya lebih mudah dalam melaksanakan pencegahan atau mengatasinya. Berikut penyebab bibir kering dan pecah-pecah.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah
Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah

1. Dehidrasi atau kekurang cairan

Keadaan bibir yang kering dan pecah-pecah salah satunya disebabkan karena bibir mengalami dehidrasi atau kekurang cairan. Untuk itu, kita harus mencukupi kebutuhan cairan dalam badan dengan minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari.

2. Alergi

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah berikutnya yaitu dikarenakan alergi. Bibir yang mengalami alergi menyerupai alergi terhadap makanan, kosmetik dan lain sebagainya dapat menimbulkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Dalam hal ini anda baiknya hindari hal yang dapat menimbulkan kulit atau bibir anda mengalami alergi.

3. Faktor cuaca

Faktor cuaca juga dapat menimbulkan bibir kering dan pecah-pecah. Cuaca panas berkepanjangan atau perubahan suhu secara mendadak juga akan menimbulkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Hal ini juga bisa disebabkan suhu dalam ruanga ber AC.

4. Membasahi bibir dengan lidah

Membasahi  bibir dengan pengecap atau menjilad bibir memang akan membuat bibir menjadi lembab. Namun itu hanya sementara saja, justru kebiasaan menjilat bibir akan membuat bibir kering sampai akhirnya pecah-pecah. Untuk itu baiknya hindari kebisaan menjilat bibir.

5. Bernafas dengan mulut

Orang yang sedang menderita sakit flue demam atau lain sebagainya biasanya mengalami hidung tersumbat dan membuatnya kesulitan bernafas, akhirnya mereka akan bernafas menggunakan mulut. Nah, bernafas dengan menggunakan lisan juga akan menimbulkan bibir kering dan pecah-pecah.

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Setelah kita mengetahui penyebab bibir kering dan pecah-pecah, kita wajib menghindari hal tersebut supaya bibir kita tetap lembab dan mengagumkan mempesona. Namun jikalau anda sudah terlanjur mengalami bibir kering dan pecah-pecah, anda tak perlu khawatir, duduk perkara bibir kering dan pecah-pecah dapat kita atasi dengan bahan-bahan alami. Berikut cara alami mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

1. Madu

Cara alami pertama untuk mengatasi duduk perkara bibir kering dan pecah-pecah ialah dengan menggunakan madu. Madu merupaka ciran yang dihasilkan oleh lebah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam dunia kecantikan madu biasa digunakan sebagai masker wajah untuk melembabkan dan mencerahkan kulit wajah, selain itu madu juga dapat mengatasi banyak sekali duduk perkara pada kulit wajah menyerupai jerawat, komedo, keriput dan lain sebagainya. Menggunakan madu sebagai masker wajah secara teratur akan membuat kulit wajah mengagumkan alami dan kekal muda. Nah, untuk mengatasi duduk perkara bibir kering dan pecah-pecah kita juga dapat menggunakan madu. Madu bisa membuat bibir menjadi lembab. Tidak hanya itu saja, madu juga ampuh untuk membuat bibir merah merona dan menggoda. Banyak wanita yang sudah menggunakan madu sebagai salah satu perawatan kecantikan bibir. Anda bisa mencobanya dengan cara mengoleskan madu pada bibir anda selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

Baca juga : Manfaat masker madu untuk kecantikan

2. Lemon

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan lemon. Sama halnya dengan madu, lemon juga merupakan materi alami yang biasa digunakan sebagai masker wajah untuk melembabkan kulit wajah serta mengatasi banyak sekali duduk perkara pada kulit wajah. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon menjadi antioksidan kuat dalam mengatasi banyak sekali macam radikal bebas yang dapat merusak kecantikan kulit. Dengan menggunakan lemon kita juga dapat melembabkan bibir serta mengatasi duduk perkara bibir kering dan pecah-pecah. Cara menggunakannya, anda oleskan air perasan lemon pada bibir yang kering dan lakukan 2 kali dalam sehari secara rutin.

Baca juga : Manfaat lemon untuk kecantikan kulit wajah dan rambut

3. Minyak kelapa

Kita juga dapat menggunakan minyak kelapa untuk melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Minyak kelapa cukup efektif untuk melembabkan bibir, sehingga duduk perkara bibir kering dan pecah-pecah dapat teratasi. Cara menggunakannya sangat mudah sekali, kita cukup oleskan minyak kelapa pada bibir kita secara merata, maka bibir akan lembab dan duduk perkara bibir kering atau pecah-pecah akan hilang seketika.

Baca juga : Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit

4. Minyak zaitun

Selain minyak kelapa kita juga dapat menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat baik sekali untuk kesehatan kulit, begitu juga dengan kulit bibir. Minyak zaitun biasa digunakan sebagai pelembab kulit alami. Nah, kita juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk melembabkan bibir kita. Dengan demikian, duduk perkara bibir kering dapat teratasi. Cara menggunakannya sama dikala menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab kulit wajah. Kita cukup oleskan minyak zaitun pada bibir secara merata, anda dapat melakukannya 2 kali dalam sehari.

Baca juga : Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

5. Tomat

Tomat juga dapat menjadi solusi jitu dalam mengatasi duduk perkara bibir kering dan pecah-pecah. Sama halnya dengan lemon, tomat juga kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Tomat dapat membuat kulit menjadi halus dan lembab. Nah, dengan demikian, kita dapat menggunakan tomat untuk masker bibir. Caranya mudah sekali, haluskan tomat sampai lembut, kemudian oleskan tomat pada bibir secara merata dan diamkan sampai kering, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Baca juga : Manfaat masker tomat dan cara membuatnya

6. Air mawar

Cara berikutnya untuk mengatasi duduk perkara bibir kering dan pecah-pecah yaitu dengan menggunakan air mawar. Air mawar selain dapat melembabkan bibir juga dapat membuat bibir menjadi merah merona dan mengagumkan alami. Cara menggunakannya yaitu oleskan air mawar pada bibir anda, diamkan biar kering dengan sendirinya.

Baca juga : Manfaat air mawar untuk kesehatan dan kecantikan

7. Gula

Masalah bibir kering dan pecah-pecah juga dapat kita atasi dengan menggunakan gula. Caranya dengan melaksanakan scrub, dengan demikian, sel kulit mati pada bibir yang menimbulkan bibir kering dan pecah-pecah atau mengelupas dapat terangkat dan bibir menjadi lembab dan halus. Cara menggunakanya yaitu campurkan gula dengan sedikit air lalu gosokan secara perlahan pada bibir selama kurang lebih 5 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

Baca juga : Manfaat gula untuk kesehatan dan kecantikan

8. Irisan mentimun

Kita juga dapat menggunakan masker mentimun untuk mengatasi duduk perkara bibir kering dan pecah-pecah. Mentimun kaya akan kandungan air yang ampuh untuk mengatasi duduk perkara dehidrasi, menyerupai yang kita ketahui, bibir kering dan pecah-pecah salah satunya disebabkan dehidrasi. Dengan teratasinya duduk perkara dehidrasi pada bibir, maka duduk perkara bibir kering dan pecah-pecah dapat teratasi. Caranya iris tipis mentimun dan tempelkan pada bibir. diamkan selama 10 menit dan bersihkan dengan air.

Baca juga : Manfaat masker mentimun untuk kecantikan dan cara membuatnya

9. Ekstra pengecap buaya

Kita juga dapat menggunakan ekstra pengecap buaya atau juga gel pengecap buaya untuk mengatasi duduk perkara bibir kering. Caranya mudah, oleskan gel pengecap buaya pada bibir, diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

Baca juga : Manfaat pengecap buaya untuk kecantikan kulit wajah

10. Perbanyak minum air putih

Masalah bibir kering dan pecah-pecah dikarenakan badan dan kulit kekurangan cairan. Kaprikornus memperbanyak mengkonsumsi air putih bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasinya.

Baca juga : Manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan

Demikianlah info wacana Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah. Bibir kering dan pecah-pecah selain membuat tak nyaman juga dapat merusak penampilan, sehingga duduk perkara bibir kering dan pecah-pecah harus segera diatasi. Semoga info diatas bermanfaat. Terimakasih.