Cara alami mengobati luka bakar ringan – Luka bakar yakni luka yang disebabkan oleh benda bersuhu panas. Luka bakar ini bisa mengenai siapa saja yang tidak berhati-hati. Bahkan orang yang berhati-hati pun terkadang masih terkena luka bakar, apalagi yang tidak berhati-hati.
Luka bakar ini bisa mengenai siapapun termasuk anak-anak. Luka bakar bisa disebabkan karena terkena api, ketumpahan bakso, kopi, mie panas, terkena kenalpot, dan lain sebagainya. Luka bakar ini menyebabkan rasa sakit yang sangat, dan biasanya meninggalkan bekas luka. Biasanya kebanyakan orang pribadi mengoleskan pasta gigi atau odol dikala terkena luka bakar. Tapi tahukah anda jikalau ternyata mengoleskan pasta gigi atau odol pada adegan yang terluka merupakan cara yang kurang tepat? Sebab, hal ini bisa berakibat kurang baik dan bisa menjadi lengket.
Jika anda terkena luka bakar dan membesar berisi air, jangan pribadi dipecah, alasannya bisa menyebabkan iritasi. Anda bisa mengobati segala jenis luka bakar ringan anda dengan obat-obat alami. Selain lebih efektif juga lebih aman. Berikut ini beberapa cara alami mengobati luka bakar ringan:
 Luka bakar yakni luka yang disebabkan oleh benda bersuhu panas Cara Alami Mengobati Luka Bakar Ringan
Cara Alami Mengobati Luka Bakar Ringan

1. Gunakan air keran/ledeng

Biasanya kebanyakan orang dikala menerima luka bakar pribadi mengoleskan pasta gigi atau odol, minyak goreng, kecap, atau minyak tanah. Ini kurang tepat, karena bisa memperdalam luka bakar. Yang benar, siramlah luka bakar dengan air keran selama 10-20 menit untuk mendinginkan proses panas pada luka bakar. Jangan gunakan air es atau es batu. Perubahan suhu tiba-tiba bisa memperdalam luka bakar.

2. Es batu

Sebenarnya penggunaan es kerikil secara pribadi tidak baik, karena dapat memperdalam luka bakar. Anda bisa menggunakan es kerikil setelah anda menggunakan air keran untuk menyiramnya. Setelah suhu sedikit lebih cuek pada luka bakar anda, anda bisa menggunakan es kerikil dengan cara menempelkan secara perlahan. Ini dapat mengurangi pembengkakan.

3. Menggunakan pengecap buaya

Lidah buaya yakni salah satu tanaman yang terkenal akan manfaatnya yang baik untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Namun anda bisa memanfaatkan pengecap buaya untuk mengobati luka bakar ringan. Lidah buaya ini dapat meredakan rasa sakit, panas, perih, dan lainnya. Oleskan gel pengecap buaya pada adegan kulit yang terkena luka bakar hingga mengering. Oleskan hingga sembuh.

4. Madu

Anda juga bisa memanfaatkan madu untuk mengobati luka bakar. Madu mengandung zat antiseptik yang dapat menyembuhkan luka bakar ringan yang terkena kenalpot, minyak atau air panas. Madu akan meminimalisir rasa terbakar. Cukup mengoleskan saja pada adegan luka bakar, diamkan hingga zat pada madu meresap.

5. Air kelapa dan kunyit

Air kelapa memang menyegarkan. Anda bisa memanfaatkan air kelapa untuk mengobati luka bakar. Dengan kombinasi kunyit, luka bakar dapat diredakan dengan lebih mudah dan bisa meminimalisir adanya bekas luka. Anda cukup mencampur satu sendok teh kunyit dengan air kapur sirih dan tambahkan air kelapa. Oleskan pada adegan luka bakar.

6. Putih telur

Putih telur juga dapat menghilangkan rasa panas atau sensasi terbakar pada kulit anda. Oleskan pada kulit yang terbakar dan biarkan hingga mengering. Oleskan berulang kali hingga rasa panas dan nyeri pada kulit anda yang terbakar bisa hilang dan kembali baik.

7. Memakai tomat

Tomat yakni salah satu sayuran dan buah yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan alami didalamnya bisa mengobati luka bakar ringan. Cukup potong tomat tipis-tipis dan tempelkan pada adegan yang terdapat luka bakar hingga mengering. Ulangi beberapa kali hingga sembuh.

8. Kulit pisang

Kulit pisang memang terlihat sepele dan tidak memiliki manfaat. Namun bekerjsama kulit pisang bermanfaat untuk kesehatan salah satunya untuk mengobati luka bakar ringan. Oleskan kulit pisang adegan dalam pada kulit anda yang terkena luka bakar. Disarankan oleskan hingga kulit pisang adegan dalam tersebut berwarna hitam. Hal ini ditujukan biar pemaksimalan zat yang terkandung didalamnya bekerja sempurna.

9. Cuka

Cuka merupakan senyawa kimia organik yang dapat membantu mengobati luka bakar ringan. Untuk menggunakannya, anda cukup membasahi kapas atau kain dengan cuka, kemudian kompres luka bakar itu dengan kapas tersebut. Lakukan secara rutin dikala rasa sakitnya meningkat.

10. Minyak lavender

Minyak lavender memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Yaitu bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka bakar ringan. Campurkan minyak lavender dengan dan pengecap buaya. Oleskan pada luka bakar hingga rasa sakit berkurang.

11. Minyak zaitun

Selain minyak lavender, minyak zaitun juga memiliki manfaat baik untuk mengobati luka bakar ringan. Minyak zaitun ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada luka bakar ringan secara merata. Lakukan berulang kali hingga luka bakar menjadi sembuh.

Hal yang tidak boleh dilakukan

Jika anda mengalami luka bakar dan anda merasa tidak tepat dalam mengatasinya, jangan anda biarkan dan jangan anda teruskan dengan cara yang tidak tepat tersebut. Sebab, bisa menyebabkan luka yang lebih parah dan membekas. Hindarilah beberapa hal berikut ini biar luka anda tidak menjadi parah:
  • Jangan sesekali mengobati luka dengan mentega, minyak, garam, kecap, air kapur, dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan infeksi. Yang paling tepat luka bakar ringan rendamlah atau disiram dengan air dingin, tapi jangan air es atau juga jangan gunakan es batu.
  • Jangan sesekali memecah gelembung kulit yang timbul jawaban luka bakar. Hal ini ditujukan biar tidak terjadi infeksi pada luka bakar anda.
  • Jangan membalut luka bakar anda dengan kapas absorbent karena akan melekat pada luka anda. Tutuplah dengan balutan kering.

Demikianlah isu tentang  Cara Alami Mengobati Luka Bakar Ringan. Semoga isu diatas bermanfaat. Terimakasih.