Penyakit encok atau Rheumatiek ialah penyakit otot Obat Encok Mujarab Dari Bahan Alami Obat Encok Mujarab Dari Bahan Alami. Penyakit encok atau Rheumatiek ialah penyakit otot, urat-urat atau sendi-sendi. Penyebabnya belum diketahui secara jelas. Paling banyak yang terserang penyakit ini ialah berdiam ditempat-tempat yang berhawa hambar atau sejuk. Hal ini sudah diteliti secara nyata.

Ada dua penyakit encok yaitu penyakit encok biasa dan penyakit encok yang menahun. Penyakit encok biasa banyak menyerang bawah umur serta menjadikan demam bagi anak yang menderitanya. Adapun penyakit encok menahun banyak menyerang orang-orang cukup umur dan tidak menjadikan demam. Kebanyakan penyakit encok membawa tanggapan yang tidak baik bagi kesehatan jantung.

Obat Encok Mujarab Dari Bahan Alami

Gejala Encok

  1. Bengkak dan terasa nyeri pada sendi-sendi tulang sipenderita.
  2. Biasanya rasa nyeri tersebut berpindah pindah.
  3. Banyak mengeluarkan keringat yang agak asam dan perut terasa mual.
  4. Kadang-kadang urat menjadi tegang dan kepala terasa pusing.

Perawatan penyakit encok

  • Usahakan semoga sipenderita cukup istirahat.
  • Usahakan semoga penderita tidak terkena hawa sejuk terutama dikala ia sedang berkeringat.
  • Berilah ia telur setengah matang dan susu untuk beberapa hari.
  • Makanlah sayuran penting menyerupai daun singkong, daun ubi jalar, bayam, bortel dan buah-buahan yang masak dipohon menyerupai tomat, pepaya, kesemek dan mangga.
  • Jauhkan dari makanan yang banyak mengandung tepung dan gula putih.
  • Kurangi sesegera mungkin konsumsi teh, kopi, coklat dan minuman yang mengandung alkohol.
  • Hindari sayuran kangkung, melinjo, rebung dan lobak.
  • Usahakan semoga ia mandi dan berendam dengan air yang agak panas setiap harinya.

Pengobatan encok dengan obat tradisional

  1. Rimpang helia/jahe 10 jari, dicuci lalu diparut diramas dengan sedikit alkohol. Biarkan semalaman. Peras dan saring airnya untuk digosokan pada adegan yang sakit encok.
  2. Daun gandarasa 50 lembar, dicuci dan digiling sampai halus, diramas dengan kapur sirih secukupnya. Lumaskan pada adegan yang sakit dua kali sehari.
  3. Buah lerak 5 buah direndam dalam cangkir air panas dan ditutup. Sesudah hambar airnya digosokan pada temp[at yang sakit dua kali sehari.
  4. Daun encok 1/2 genggam, dicuci dan ditumbuk sampai halus, diramas dengan air hangat seperlunya. Lumaskan dan gosokan pada adegan yang terasa sakit dua kali sehari.
  5. Daun sembung 3/4 genggam dicuci dan digiling halus diramas dengan kapur sirih seperlunya. Lumaskan dan gosokan pada adegan yang sakit.
  6. Air jeruk nipis, 2 sdm, minyak jarak 1 sdm, minyak bijan 1 sdm dicampur menjadi satu untuk menggosok dan mengurut adegan yang sakit.
  7. Rimpang lempuyang pahit 1/2 jari, cabai jawa 5 buah, lada putih 10 butir, dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Setelah hambar disaring dan diminum.