Gejala dan cara mengatasi anemia atau kurang darah – Kekurangan darah atau anemia ialah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah (hemoglobin) dalam darah berada di bawah normal. Hemoglobin memiliki fungsi mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh tubuh. Jika hemoglobin mengalami penurnan jumlah, maka oksigen yang diantarkan tidak akan maksimal. Inilah yang menyebabkan penderita anemia terkadang merasa sangat pusing dan lemas.
Anemia yang terjadi pada badan seseorang mampu disebabkan oleh banyak hal. Kekurangan asupan zat besi juga mampu menyebabkan penyakit anemia. Bahkan penyakit kronis menyerupai kanker, gagal ginjal, HIV/AIDS dan penyakit kronis lainnya juga mampu menyebabkan terjadinya anemia. Oleh alasannya ialah itu kita harus rujukan hidup kita semoga tetap terjaga kesehatannya dan tidak mudah terserang penyakit menyerupai anemia dan penyakit lainnya. Salah satu cara untuk mencegah anemia ialah mengontrol asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi
Anemia biasanya akan menimbulkan gejala-gejala tertentu pada penderitanya. Gejala ini bervariasi, dan terkadang ada yang berbeda mengalami gejalanya. Maka dari itu anda harus tahu apa saja gejala dari anemia. Berikut ini beberapa gejala-gejala terjadinya anemia atau kurang darah:
Gejala dan cara mengatasi anemia atau kurang darah  Gejala dan Cara Mengatasi Anemia atau Kurang Darah
Gejala dan Cara Mengatasi Anemia atau Kurang Darah

Gejala anemia

1. Sering kelelahan

Jika anda sering mencicipi kelelahan, mungkin saja jumlah sel darah merah dalam badan anda sangat rendah. Sebab, sel darah merah yang rendah atau dibawah batas normal dapat menyebabkan energi badan menjadi berkurang. Karena energi pada badan bergantung pada oksidasi dan sel darah merah. Semakin rendah sel darah merah maka akan semakin berkurang pula oksidasi dalam tubuh.

2. Wajah pucat

Anemia akan membuat wajah anda mudah pucat. Bahkan di saat-saat tak terduga pun tiba-tiba wajah anda menjelma pucat tanpa anda ketahui penyebab pastinya. Biasnaya kulit juga akan ikut berubah putih kekuning-kuningan.

3. Sering mual

Apakah anda sering mual di pagi hari, mampu jadi ini ialah salah satu gejala anda terkena penyakit anemia atau darah rendah. Segerala periksakan ke dokter apabila anda sering mengalami mual di pagi hari semoga menerima pemeriksaan lebih lanjut.

4. Kelopak mata pucat

Bukan hanya wajah saja yang pucat, kelopak mata anda juga akan mengalami pucat jikalau anda terserang anemia. Cobalah renggangkan kelopak mata anda episode bawah, bila anda melihat episode dalam kelopak mata berwarna pucat, maka mampu jadi ini gejala anemia.

5. Ujung jari pucat

Cobalah untuk menekan ujung jari anda, biasanya tempat tersebut akan menjelma merah jikalau dipencet. Tapi jikalau anda mengalami anemia, ujung jari anda akan berwarna putih pucat ketika ditekan.

6. Sakit kepala

Sakit kepala juga merupakan gejala dari anemia. Ini disebabkan kurangnya sel darah merah yang membuat otak kekurangan pasokan oksigen. Berhati-hatilah dan selalu jaga kesehatan. Jangan hingga sel darah merah anda berada dibawah normal.

7. Denyut jantung tidak teratur

Bukan hanya ketika beraktivitas saja, bahkan ketika anda bersantai atau sedang mengobrol dengan orang lain, denyut jantung anda tidak beraturan dan cenderung meningkat. Hal ini disebabkan karena jantung anda kekurangan pasokkan oksigen.

8. Sesak napas

Jumlah sel darah merah yang dibawah batas normal membuat tingkat oksigen dalam badan menjadi menurun. Hal ini menjadikan penderita anemia mudah mengalami sesak napas. Baik ketika melaksanakan acara berat maupun ringan.

Baca juga : Penyebab sesak nafas dan cara mengatasinya

9. Rambut rontok

Jika kulit kepala tidak tercukupi nutrisi dan zat gizi dari makanan yang dikonsumsi, anda akan mengalami penipisan rambut dengan cepat. Anda jangan membiarkan hal ini terjadi. Rambut yang selalu rontok mampu saja ini gejala dari anemia.

Baca juga : Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya

10. Menurunnya kekebalan tubuh

Anemia membuat pasokkan oksigen dalam badan anda menjadi berkurang, sehingga energi dalam badan menjadi berkurang pula. Alhasil, sistem imun badan menjadi menurun. Jika sistem imun badan anda menurun, maka mampu menyebabkan banyak sekali macam penyakit.

Cara mengatasi anemia

Setelah anda mengetahui beberapa gejala terjadinya anemia, sekarang saatnya anda juga mengetahui bagaimana cara mengatasi persoalan penyakit anemia. Anemia harus segera ditangani semoga tidak menimbulkan banyak sekali macam masalah. Berikut ini beberapa cara mengatasi anemia:

1. Konsumsi daging dan seafood

Daging dan seafood kaya akan kandungan vitamin B12 dan asam folat yang dapat meningkatkan produksi sel darah dalam tubuh. Oleh alasannya ialah itu sangat penting bagi anda mengkonsumsi daging dan seafood. Tapi ingat, konsumsi secara cukup dan jangan berlebihan.

2. Makanan dengan zat besi

Berbagai macam makanan yang mengandung zat besi dapat anda pilih untuk membantu mengatasi anemia. Makanan menyerupai bayam, sayuran berdaun hijau, hati, beras merah, kurma, anggur, dan lainnya mampu anda konsumsi secara teratur semoga kadar hemoglobin dalam badan anda tetap stabil. Sebab, hemoglobin tersusun atas zat besi dan protein.

3. Gula merah

Anda juga mampu mengkonsumsi gula merah untuk meningkatkan sel darah merah anda. Gula merah kaya akan kandungan zat besi yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Anda mencampurkan gula merah pada teh atau sebagai komplemen makanan.

4. Kacang hijau

Kandungan vitamin B1, B12, dan niacin pada kacan hijau ini dapat anda manfaatkan untuk mengatasi anemia. Anda cukup menyediakan secangkir kacang hijau dan cucilah. Setelah itu campur dengan 2 gelas air. Kemudian rebuslah hingga mendidih. Setelah didiamkan dan hangat, minumlah air rebusan tersebut 2x sehari.

5. Daun kacang panjang

Anda juga mampu memanfaatkan kacang panjang untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam badan anda. Cukup basuh bersih setengah genggam daun kacang panjang. Lalu asapkan daun tersebut sebentar. Konsumsilah sebagai urap pada dikala anda makan. Konsumsi 2x dalam sehari.

6. Daun bawang merah

Daun bawang merah juga bermanfaat untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Untuk membuatnya, rebus daun bawang merah bersama sebutir telur. Lalu konsumsilah rebusan daun bawang merah dengan rebusan tersebut. Anda cukup mengkonsumsi 2x sehari semoga anemia mampu sembuh.

7. Tomat

Tomat kaya akan kandungan vitamin C dan lycopene. Vitamin C tersebut dapat membantu dalam absorpsi zat besi dalam darah. Sehingga persoalan anemia mampu cepat teratasi. Konsumsilah tomat secara rutin setiap harinya.

Baca juga : Manfaat luar biasa tomat untuk kesehatan

8. Organ hewan

Organ hewan menyerupai jeroan mampu anda pilih untuk mengatasi anemia. Salah satunya ialah hati, hati mengandung zat besi yang sangat tinggi. Bukan hanya itu jeroan juga mengandung vitamin B12, seng, dan fosfor. Dengan mengkonsumsi jeroan secara cukup dapat membantu meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Sehingga akan lebih stabil.

9. Kurma

Kurma memang buah yang memiliki banyak khasiat. Kandungan zat besi, vitamin C, B kompleks, dan antioksidan, dapat membantu menyembuhkan anemia yang anda alami. Cukup rebus kurma dan susu. Lalu minumlah seara rutin setiap harinya.

Baca juga : Manfaat menakjubkan buar kurma untuk kesehatan

10. Umbi-umbian

Umbi-umbian juga termasuk dalam golongan makanan yang dapat membantu mengatasi persoalan anemia. Kandungan asam folat, kalium, dan serat yang tinggi didalamnya dapat membantu mengatasi anemia. Anda mampu mengolahnya dengan cara direbus, dibuat kolak, atau juga sebagai campuran jus.

11. Madu

Sudah tidak diragukan lagi khasiat yang dimiliki oleh madu. Bahkan telah banyak gangguan penyakit yang mampu atasi dengan mengkonsumsi madu. Kandungan zat besi, vitamin, dan mineral penting lainnya, mampu anda manfaatkan untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Anda mampu mengkonsumsi secara pribadi atau sebagai campuran makanan atau minuman.

12. Pisang

Buah pisang kaya akan kandungan zat besi, vitamin, dan mineral yang dapat membantu mengatasi persoalan anemia. Konsumsilah secara rutin setiap harinya semoga sel darah merah anda mampu stabil. Anda mampu mengkonsumsinya secara pribadi ataupun diolah menjadi kolak, jus, dan sebagainya.

Baca juga : Manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan

13. Apel

Apel juga mengandung zat besi, mineral, dan vitamin. Anda mampu memanfaatkan apel untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam badan anda. Sehingga anda akan terhindar dari anemia. Konsumsilah apel secara rutin setiap harinya untuk mengatasi anemia. Anda mampu mengkonsumsi dengan cara dijus atau dimakan secara langsung.

Demikianlah berita ihwal Gejala dan Cara Mengatasi Anemia atau Kurang Darah. Semoga berita diatas bermanfaat. Terimakasih.