Mengatasi Susah Tidur  Mengatasi Susah Tidur Mengatasi Susah Tidur. Penyakit susah tidur atau insomnia bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu gejala dari beberapa penyakit tertentu. Otak yang terlalu penat atau terlalu lama saat bekerja biasanya memberi pengaruh besar terhadap kondisi badan sampai mengakibatkan susah tidur. Kurang baik dalam pencernaan makanan, tekanan darah tinggi, urat saraf lemah, penyakit jantung dan lain sebagainya sering kali menjadi penyebab timbulnya penyakit ini.

Gejala 
Karena penyakit susah tidur biasanya hanya merupakan salah satu gejala dari beberapa penyakit tertentu, maka perlulah diperhatikan gejala lain-lainnya, semoga dapat diketahui pokok penyakit  penyebab yang sebetulnya untuk dilakukan perawatan dan pengobatan selanjutnya.
Perawatan

  • Carilah sebab-sebab penyakit yang sebetulnya dan obatilah beliau terlebih dahulu.
  • Hindarilah sementara waktu minuman berkafein tinggi ibarat teh dan kopi.
  • Usahakanlah semoga sipenderita tiap-tiap hari dapat memperoleh sayuran (bayam, daun singkong, wortel) dan buah-buahan ( pepaya, pisang, jeruk, belimbing).
  • Usahakanlah sebelum tidur semoga merendam kedua kakinya dengan air hangat.
  • Usahakanlah semoga sering melaksanakan gerak jalan seperlunya, setelah duduk berlama-lama.

Tanaman berguna mengatasi susah tidur

Kangkung
Batang dan daun kangkung 1 genggam ditumis ataupun dipasak biasa dimakan tolong-menolong nasi sebanyak yang diperlukan. Baca Manfaat kandungan kangkung
Buah Pala
Buah pala 1 buah dicuci dan ditumbuk halus-halus, diseduh dengan air panas 3/4 cangkir dan 1 sendok madu. Suam-suam kuku diminum 2 kali sehari.
Adas
Adas 3/4 sendok dicuci dan di giling halus, diseduh dengan air panas 3/4 cangkir dan 1 sendok madu. Di minum suam-suam kuku 2 kali sehari.
Daun Kaki Kuda atau Pegagan
Daun kaki kuda 1/2 genggam dan akar kaki kuda 1/3 genggam dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 3 gelas sampai menyisakan 3/4 nya. Sesudah masbodoh disaring lalu diminum dengan air gula seperlunya. Baca juga Khasiat pegagan dan manfaatnya