ialah penyakit autoimun yang sangat berdampak pada kesehatan ginjal Tumbuhan untuk Mengobati Radang GinjalTumbuhan untuk Mengobati Radang Ginjal. Penyakit radang ginjal atau nefiritis (nama asing) ialah penyakit autoimun yang sangat berdampak pada kesehatan ginjal. Penyakit ginjal sering terjadi dikarenakan infeksi pada area ginjal atau disebabkan oleh makanan yang tidak baik bagi keseimbangan tubuh, menyerupai makanan dan minuman yang sangat tajam menyerupai terlalu banyak garam, alkohol, minuman bersoda dan mengandung materi kimia yang berbahaya sehingga menjadikan fungsi ginjal terganggu.

Fungsi ginjal sendiri yaitu diantaranya untuk menyaring dan membuang limbah dan zat racun yang tidak diharapkan oleh tubuh. Penderita radang ginjal tentu saja sangat tersiksa karena tidak bisa mengeluarkan limbah (urin) dengan baik dikarenakan sakit yang tak tertahankan. Atau mungkin sebaliknya penderita sering keluar air kencing.

Gejala radang ginjal

  • Selera makan berkurang.
  • Badan terasa lemah, berat tubuh berangsur-angsur berkurang.
  • Busung air pada wajah serta pada tungkai episode bawah.
  • Mata membengkak dan sangat khas, penglihatan mulai kabur.
  • Kepala terasa pusing dan tekanan darah tinggi.
  • Air kencing tertahan-tahan atau sangat sedikit, dan didalamnya terdapat zat telur putih, terkadang berdarah.

Perawatan

  • Usahakan penderita istirahat yang cukup.
  • Usahakan setiap hari mengonsumsi susu, telur, sayuran (bayam, petai, labu air, petai, petai selong, potroseli, lobak, dan mentimun) dan buah-buahan yang matang (kepal, kesemek, jeruk koprok, sawo manila).
  • Usahakan semoga penderita menghindari makanan dan minuman yang mengandung zat yang tajam dan merangsang menyerupai : cabai, lombok, lada, bier, teh, kopi, tuak, wiski, dan minuman yang mengandung alkohol, serta makanan yang terlalu banyak mengandung garam.
  • Kalau bisa sipenderita setiap sore atau petang sebelum tidur berendam dengan air panas selama 30 menit.
  • Bila memungkinkan sipenderita melaksanakan gerak tubuh ringan yang teratur.

Baca juga..!
15 Tumbuhan untuk mengobati jantung koroner (PJK)
15 Tanaman hias berguna obat

Tumbuhan untuk Mengobati Radang Ginjal

Pengobatan radang ginjal dengan tumbuh-tumbuhan

  1. Temu lawak 3/4 jari, dicucci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 5 gelas hingga tersisa setengahnya. Sesudah cuek disaring lalu diminum dengan madu secukupnya. 3 kali sehari 3/4 gelas.
  2. Kulit batang suren 2 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa separuhnya. Sesudah cuek disaring dan ditambahkan gula seperlunya. Minum 3 kali sehari 3/4 gelas.
  3. Buah jagung yang masih muda (beserta rambutnya) 15 tongkol, direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa kira-kira 3/4-nya. Sesudah cuek airnya dituangkan dan diminum, sedangkan jagungnya dimakan.
  4. Akar pepaya 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa setengahnya. Sesudah cuek diminum dengan madu seperlunya 3 kali sehari 3/4 gelas.
  5. Daun keji kaca 10 lembar, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 3/4nya. Sesudah cuek ditambahkan madu seperlunya dan diminum 3 kali sehari 3/4 gelas.
  6. Daun meniran 1/2 genggam, dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 3/4nya. Sesudah cuek ditambahkan madu seperlunya dan diminum 3 kali sehari 3/4 gelas.
  7. Akar pohon enau 10 jari dicuci lalu dipotong-potong seperlunya direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa separuhnya. Tamhabahkan madu seperlunya dan minu 3 kali sehari 3/4 gelas.
  8. Daun kumis kucing yang telah dikeringkan 40 lembar, dicuci lalu diseduh dengan air panas 3/4 cangkir dan gula kerikil sebesar biji kemiri. Diaduk secara merata diminu saat masih hangat suam-suam 3 kali sehari.
  9. Daun gandarasa 3/4 genggam dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 3/4 nya. Sesudah cuek diminum dengan air gula seperlunya 3 kali sehari 3/4 gelas.