7 Manfaat penting buah durian bagi kesehatan. Buah durian yang berjuluk King of fruit sudah sangat terkenal dengan rasa dan aromanya yang enak dan segar hampir semua orang pernah mencicipi lezatnya buah durian. Namun disamping kelezatan dagingnya yang lembut ternyata terdapat seribu manfaat dari kandungan gizi serta vitaminnya bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Durian mempunyai aneka macam zat gizi yang sangat positif bagi kebutuhan badan insan baik zat gizi makro ataupun zat gizi mikro yang kedua zat tersebut merupakan zat yang diharapkan oleh badan manusia. Berikut kandungan gizi buah durian secara lengkap. Baca juga Buah durian yang berkhasiat

Kandungan Buah Durian

Persentase  Gizi
Energi   147 Kcal 7%
Karbohidrat  27,09 g 21%
Protein  1.47 g 2.5%
Total Lemak 5.33 g 20%
Kolesterol  0 mg 0%
Diet Serat  3,8 g 10%

Phyto-nutrisi
Karoten-α  6 mcg –
Karoten-ß  23 mcg –

Vitamin
Folat  36 mcg 9%
Niacin  1,074 mg 7%
Asam pantotenat
0.230 mg 4,5%
Pyridoxine
0,316 mg 24%
Riboflavin 0.200 mg 15%
Thiamin  0,374 mg 31%
Vitamin A  44 IU 1,5%
Vitamin C  19.7 mg 33%

Mineral
Sodium  2 mg 0%
Kalium  436 mg 9,5%
Kalsium  6 mg 0,6%
Tembaga  0,207 mg 23%
Besi  0.43 mg 5%
Magnesium  30 mg 7,5%
Mangan  0.325 mg 14%
Fosfor  39 mg 6%
Zinc 0.28 mg 2,5%

7 Manfaat Penting Buah Durian bagi Kesehatan

Disamping kandungan zat gizi, buah durian juga kaya akan komponen senyawa aktif yang dapat menunjukkan dampak positif bagi kesehatan badan manusia, diantaranya antosianin, polifenol, flavonoid, serta quercetin yang dapat melindungi badan dari radikal bebas penyebab aneka macam macam penyakit degeneratif. Disamping itu kandungan senyawa lain dari buah durian yakni sejumlah mineral ibarat tembaga, mangan, serta magnesium. Berikut manfaat buah durian untuk kesehatan badan manusia.

1. Menghambat sel tumor dan sel kanker
Kandungan flavanoid, quercetin, polifenol, dan antosianin merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk menghambat sel tumor serta menurunkan terjadinya risiko kanker.

2. Vitamin mengatur acara tubuh
Buah durian merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang membantu mengendalikan badan supaya kebal terhadap distributor infeksi. Vitamin B komplek yang terkandung juga dapat mengatur acara badan biar berfungsi secara normal.

3. Melancarkan buang air besar
Kandungan serat pada buah Durian dapat dijadikan sebagai pencahar yang baik yang bisa melancarkan sistem susukan pencernaan dan bisa mengikat dan membuang materi kimia penyebab kanker usus besar.

4. Mengontrol tekanan darah dan detak jantung
Kalium yang terkandung dalam buah durian dapat mengontrol tekanan darah dan juga mengontrol detak jantung. Kalium dalam buah durian ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi menjaga kesehatan jantung.

5. Pil tidur alami
Buah durian juga mengandung triftofan yang bisa mengendalikan dari defresi serta dapat menunjukkan efek damai pada fungsi otak sehingga dapat membantu menynyakan tidur Anda.

6. Merawat tulang dan gigi
Bagi Anda yang ingin merawat serta memperkuat tulang dan gigi, Anda dapat memanfaatkan buah dur1an. Kalium ditunjang dengan vitamin B1 dan B2 ternyata bisa dijadikan sarana untuk menjaga serta merawat tulang dan gigi Anda hanya dengan mengonsumsi buah durian saja.

7. Merawat Kecantikan
Buah durian juga dapat merawat serta menjaga kesehatan dan kecantikan kulit lho.. Terbukti vitamin C-nya dapat mencerahkan kulit wajah serta mencegah penuaan dini, Bakteri penyebab jerawat dan penyebab komedo dapat diatasi dengan antioksidan dalam buah durian, dan terakhir kandungan vitamin E dalam durian juga dapat mencerahkan kulit.

Catatan

  • Durian kalau dikonsumsi secara berlebihan (lebih dari 100g perhari) dapat meningkatkan kadar gula darah. 
  • Bagi penderita diabetes melitus, jantung dan obesitas dianjurkan menghindari mengonsumsi buah durian.
  • Ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi buah durian terlalu banyak. Menurut para hebat mengonsumsi sebagian saja dari buah durian tidak menimbulkan kontraksi bahkan baik untuk nutrisi pada janin.

Itulah beberapa manfaat dari buah durian yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan serta merawat kecantikan kulit Anda. Nikmati Buah durian dan dapatkan seribu manfaat dari kandungannya. Semoga bermanfaat.