didalam kandung kemih dan didalam pipa kemih terdapat benda keras menyerupai kerikil 11 Tumbuhan untuk Obati Kencing Batu 11 Tumbuhan untuk Obati Kencing Batu. Kadang-kadang didalam piala ginjal, didalam kandung kemih dan didalam pipa kemih terdapat benda keras menyerupai batu. Batu itu kadang kala halus menyerupai serbuk, dan kadang kala garang semacam kerikil kerikil. Karena disebabkan semacam kerikil tersebut maka terganggulah piala ginjal dan alat-alat perkencingan menyerupai tersumbatnya fatwa air kencing pada pipa kemih.

Sebab musabab terjadinya hal itu kemungkinan penderita banyak minum air yang mengandung garam bersisa (mengendap). Biasanya batu-batu yang terdapat dalam jalan masuk kencing terdiri dari : kalsium oksalat, kalsium fosfat, asam urikum, atau campuran dari garam-garam tersebut.

Gajala Kencing kerikil

  • Senantiasa terasa ada perangsangan dan sakit pada waktu kencing.
  • Didalam air kencing terdapat batu-batu, apabila batu-batu didalam kandung kemih masih kecil-kecil.
  • Karena luka terkena batu, maka kadang kala air kencing sipenderita bercampur dengan darah.
  • Perawatan yang harus dilakukan

  • Minumlah air masak banyak-banyak setiap hari.
  • Usahakan sipenderita selalu berhajat besar dan berhajat kecil setiap hari.
  • Usahakanlah sipenderita setiap hari minum minyak kemiri atau minyak ikan 1 sdm setiap hari.
  • Usahakan sipenderita setiap hari makan sayur (daun singkong, daun kelintang, lobak) dan buah-buahan yang masak dari pohon (pepaya, sirsak, jeruk, tomat).
  • Hindari makanan menyerupai ikan, hati, ginjal, limpa, dan sayuran bayam, buncis, dan kapri.
  • Kurangi sebanyak mungkin makanan yang pedas dan yang asin-asin.
  • Baca juga
    Khasiat dan Manfaat daun encok
    Obat Keputihan dari

    11 Tumbuhan untuk obati kencing batu

    1. Daun keji kaca 8 lb, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 3 gelas sehingga hanya tersisa 3/4 nya. Sesudah hirau taacuh disaring lalu diminum dengan madu seperlunya (3x sehari 3/4 gls). Disamping itu minum juga teh kumis kucing.
    2. Daun gempur kerikil 10 lbr, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 3 gelas sehingga hanya tinggal kira-kira 3/4 nya. Sesudah hirau taacuh lalu disaring dan minum dengan madu seperlunya (3x sehari 3/4 gls) Minum juga teh kumis kucing.
    3. Daun tempuyung 5 lembar, dicuci lalu diasapkan sebentar, lalu dimakan sebagai kuluban/lalapan bersama dengan nasi.
    4. Akar pohon enau 5 jr, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Direbus dengan air bersih 5 gelas hingga tersisa setengahnya. Setelah hirau taacuh lalu diminum dengan madu seperlunya (3x sehari 3/4 gls).
    5. Daun urat 1/2 genggam, dicuci lalu direbus dengan air bersih 3 gelas sehingga hanya tersisa 3/4 nya. Sesudah hirau taacuh diminum bersama madu seperlunya (3x sehari 3/4 gls).
    6. Daun wungu 8 lembar, dicuci lalu direbus dengan 3 gls air hingga tersisa 3/4 nya. Setelah hirau taacuh diminum  dengan madu (3x sehari 3/4 gls).
    7. Teras tongkol buah jagung 6 bt, dicuci lalu direbus dengan air bersih 5 gelas sehingga tersisa setengahnya. Setelah hirau taacuh disaring dan minum (3x sehari 3/4 gls).
    8. Akar batang pepaya 5 jr, dicuci dan dipotong-potong seperlunya lalu rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa separuhnya. Saring dan minum (3x sehari 3/4 gls).
    9. Daun kaki kuda 1/2 genggam, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 3 gelas hingga tersisa 3/4 nya. Minum bersama dengan air gula (3x sehari 3/4 gls).
    10. Rimpang temulawak 1 jr, dicuci dan potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa setengahnya. Setelah hirau taacuh saring dan minum bersama madu (3x sehari 3/4 gls).
    11. Lobak 2 bt, dicuci bersih lalu di iris-iris tipis, dimakan sebagai lalapan bersama dengan nasi (2-3 hari a sekian).