Penyebab gatal pada kulit dan cara mengatasinya – Gatal yaitu salah satu penyakit yang bukan menjadi duduk perkara besar. Bahkan setiap orang pasti pernah mengalaminya. Jika diobati biasanya eksklusif sembuh dengan sendirinya. Namun mampu juga nantinya datang kembali.
Pada kasus lain, penyakit gatal-gatal ini juga dapat berakibat pada penyakit serius, menyerupai gangguan fungsi hati yang mengakibatkan kulit berwarna kuning dan terasa gatal. Jika gatal yang anda alami berlangsung selama terus-menerus dan sulit untuk disembuhkan, maka lebih baik konsultasikan lepada dokter akan penyakit gatal anda tersebut. Hal ini ditujukan biar menerima pemeriksaan lanjut dan pengobatan yang lebih tepat.
Di sisi lain, anda juga bahwasanya dapat mengobati gatal-gatal dengan cara alami. Cara ini sangat mudah untuk anda lakukan. Namun sebelum kita tahu bagaimana cara mengatasi gatal-gatal, berikut ini beberapa penyebab gatal-gatal yang perlu anda ketahui:
Penyebab gatal pada kulit dan cara mengatasinya  Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit dan Cara Mengatasinya
Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit dan Cara Mengatasinya

1. Kurang menjaga kebersihan

Kebersihan yaitu suatu hal yang perlu untuk kita terapkan. Jika anda mengalami gatal-gatal, maka mampu saja hal itu disebabkan karena kurangnya kebersihan dalam lingkungan maupun diri anda. Lingkungan yang bersih akan berdampak pada terbebasnya banyak sekali macam penyakit menyerupai penyakit gatal. Oleh alasannya yaitu itu, jagalah kebersihan lingkungan dan badan. Mandilah 3 kali sehari, atau paling tidak 2 kali dalam sehari.

2. Terkena gigitan serangga

Gigitan serangga menyerupai nyamuk juga menyebabkan kulit kita menjadi gatal-gatal. Mengapa ada nyamuk? Kembali lagi pada poin satu, mungkin saja kebersihan yang kurang terjaga sehingga banyak nyamuk dan menggigit kulit anda lalu terjadi gatal-gatal. Jika hal ini dibiarkan akan sangat berbahaya. Tanpa kita sadari mampu saja gigitan serangga menyerupai nyamuk tersebut menyebab datangnya penyakit demam berdarah, cikumunya, dan lain sebagainya.

3. Faktor makanan

Makanan juga dapat menjadi pemicu atau penyebab terjadinya gatal-gatal. Beberapa jenis makanan memang dapat menyebabkan rasa gatal. Seperti susu, telur, jenis kacang-kacangan, dan lain-lain. Pelajarilah banyak sekali jenis makan lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya gatal-gatal, lalu kurangi mengkonsumsi makanan tersebut biar tidak mengakibatkan gatal-gatal menyerupai alergi.

4. Disebabkan penyakit

Gatal yang tidak kunjung sembuh pada tubuh anda, segeralah periksakan pada dokter terdekat. Mungkin saja ada suatu riwayat penyakit tertentu dalam tubuh anda yang menyebabkan terjadinya gatal-gatal. Misalnya, penyakit cacar air. Biasanya cacar air ini jikalau sudah mengering akan menyebabkan gatal-gatal di seluruh tubuh.

5. Faktor Cuaca lingkungan

Mungkn saja gatal-gatal yang anda alami dan anda rasakan disebabkan karena cuaca lingkungan. Cuaca lingkungan yang tidak menentu mampu menjadi penyebab terjadinya gatal-gatal pada kulit. Pergantian cuaca yang terlalu cepat dan tidak menentu ini akan dapat menyebabkan beberapa orang merasa gatal-gatal pada kulit. Hal ini terjadi karena kulit yang sensitif terhadap perubahan cuaca.

Cara mengatasi penyakit gatal-gatal

Setelah anda mengetahui beberapa penyebabnya, yang perlu anda ketahui berikutnya yaitu bagaimana cara mengatasi penyakit tersebut. Nah, anda mampu melaksanakan cara alami yang lebih efektif yang lebih aman. Berikut ini beberapa cara mengatasi penyakit gatal-gatal:

1. Daun salam

Untuk menagatsi penyakit gatal-gatal, anda mampu memanfaatkan daun salam. Daun salam dapat anda jadikan sebagai penyedap kuliner menyerupai nasi liwet dan juga mampu dijadikan sebagai obat tradisional alternatif untuk menyembuhkan banyak sekali macam penyakit gatal. Cucilah daun salam  hingga bersih lalu ditumbuk hingga halus. Lalu oleskan tumbukan daun salam itu pada kulit anda yang gatal.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal sebagai tumbuhan yang baik untuk kesehatan rambut. Namun bahwasanya gel pengecap buaya juga sangat baik untuk mengatasi duduk perkara gatal-gatal, baik itu gatal basah maupun kering. Anda mampu menggunakannya dengan cara mengoleskan gel pengecap buaya pada kulit yang terasa gatal.

3. Lemon dan minyak kelapa

Cara yang mampu anda lakukan lainnya yaitu dengan memanfaatkan lemon dan minyak kelapa. Minyak kelapa dan jeruk lemon ini sangat baik untuk mengatasi duduk perkara gatal-gatal pada kulit anda. Peraslah jeruk lemon dan campurkan perasannya dengan minyak kelapa. Lalu oleskan campuran tersebut pada episode kulit yang gatal-gatal. Biarkan semalaman hingga gatal mampu berkurang dan hilang.

4. Garam dicampur dengan minyak goreng

Anda juga dapat memanfaatkan garam dan minyak goreng untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Siapkan piring kecil dan tuangkan minyak goreng secukupnya dan campurkan garam dapur sedikit. Aduklah hingga merata, lalu oleskan campuran garam dan minyak goreng tersebut pada kulit tubuh anda yang terasa gatal.

5. Dengan jahe

Jahe memang telah dikenal akan khasiat dan manfaatnya yang sangat melimpah. Jahe mampu kita manfaatkan untuk menghilangkan wangi tubuh tak sedap. Di sisi lain, jahe juga dapat anda manfaatkan untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit tubuh kita. Ambil jahe sebanyak 30 gram lalu basuh hingga bersih. Lalu rebuslah bahan-bahan menyerupai cuka 60cc, gula merah, dan beras putih secukupnya dengan air 800cc. Minumlah air rebusan tersebut secara teratur.

6. Kulit pisang

Mungkin selama ini yang kita tahu buah pisang yang mampu dimanfaatkan hanya buahnya saja. Namun ternyata kulitnya juga mampu dimanfaatkan. Bahkan untuk kesehatan tubuh, yaitu dapat mengobati gatal-gatal pada kulit. Anda cukup menempelkan kulit pisang yang episode dalam pada kulit yang gatal-gatal. Lalu pijatlah kulit pisang hingga halus. Tunggu reaksiny setelah melaksanakan secara rutin.

7. Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Salah satunya dapat dijadikan obat tradisional atau obat alami kulit gatal-gatal. Tumbuklah kunyit secukupnya dengan beberapa lembar daun sambiloto hingga halus. Namun sebelumnya basuh dulu kunyit dan daun sambiloto biar tidak terjadi iritasi kulit. Lalu oleskan hasil tumbukan pada kulit anda yang gatal.

8. Tanah liat

Mungkin yang terakhir ini agak aneh, yaitu menggunakan tanah liat. Bukankah justru tanah liat mampu mendatangkan gatal pada kulit tubuh? Tidak, justru sebaliknya. Tanah liat ini dapat mengobati gatal secara alami, terutama gatal akhir gigitan serangga. Tanah liat bekerja menarik racun yang menempel pada kulit, sehingga rasa sakit pada kulit menjadi lebih berkurang. Campurkan tanah liat dengan air hingga menjadi menyerupai selai kacang atau setengah lumpur. Lalu oleskan pada episode yang gatal.
Demikianlah gosip wacana Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit dan Cara Mengatasinya. Semoga gosip diatas bermanfaat. Terimakasih.