Penyebab rambut beruban yang wajib kita ketahui – Uban atau rambut putih biasa tumbuh pada seseorang sudah menginjak usia tua. Dan ini mungkin suatu hal yang wajar, namun juga mampu dicegah atau diperlambat dengan contoh hidup sehat. Tapi yang perlu diketahui, bahwa uban tidak selalu tumbuh pada seseorang yang sudah tua, namun juga pada orang yang masih muda.
Biasanya, uban yang tumbuh pada kulit kepala orang yang masih muda mampu disebabkan karena faktor contoh hidup tidak sehat, faktor kelainan, dan juga ada faktor lainnya. Tentu saja hal ini sangat mengganggu, terutama pada penampilan. Untuk mengatasinya dan mencegah biar kulit kepala tidak ditumbuhi rambut putih, ada banyak cara yang mampu dilakukan. Dan yang paling penting ialah selalu menjaga contoh hidup sehat setiap harinya.
Berbicara duduk perkara rambut beruban, banyak yang tidak mengetahui apa penyebab sebetulnya dari tumbuhnya uban di usia muda maupun tua. Penyebabnya sebetulnya banyak, berikut ini beberapa penyebab rambut beruban yang wajib kita ketahui:
Penyebab rambut beruban yang wajib kita ketahui  Penyebab Rambut Beruban yang Wajib Kita Ketahui
Penyebab Rambut Beruban yang Wajib Kita Ketahui

1. Genetik

Tumbuhnya uban prematur pada rambut mampu disebabkan karena faktor genetik. Jika orang renta anda pernah mengalami kelainan ini, yaitu mengalami tumbuhnya uban di usia muda, maka kemungkinan besar akan diturunkan kepada anda.

2. Ketidakseimbangan hormon

Hormon yang tidak seimbang juga mampu mengakibatkan tumbuhnya uban. Perubahan hormon sangat berperan untuk menentukan kondisi kulit dan rambut. Apabila hormon mengalami perubana yang segnifikan ibarat kehamilan atau penyakit tiroid dapat mengakibatkan tumbuhnya uban prematur. Inilah mengapa uban mampu muncul di usia yang belum tua.

3. Menopause dini

Wanita yang mengalami menopause dini mampu juga mengalami duduk perkara uban. Ya, uban prematur mampu tumbuh pada seseorang yang mengalami menopause dini. Dan hal ini mungkin akan memerlukan penanganan medis untuk mengatasinya.

4. Merokok

Kebiasaan merokok atau terlalu sering berada pada kawasan yang dipenuhi asap rokok, hal ini mampu mengakibatkan tumbuhnya uban pada kulit kepala di usia yang masih dini. Rokok atau asap rokok yang dihisap akan meninggalkan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas tersebut nantinya akan menurunkan tingkat melanin tubuh. Sehingga akan muncul uban pada kulit kepala.

5. Stres

Anda mengalami stres? Jika stres yang anda alami terlalu berlebihan, hal ini mampu mengakibatkan tumbuhnya uban pada kulit kepala. Stres memang terbukti berdampak buruk bagi kesehatan, rambut mampu mudah rontok dan bahkan beruban. Segala bentuk guncangan batin, ibarat syok, duka dan gelisah dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin tubuh. Sehingga mudah muncul rambut beruban.

6. Diet yang salah

Rambut beruban juga mampu muncul karena penerapan aktivitas diet yang salah. Ya, diet yang tidak seimbang atau melaksanakan diet ketat mampu mengakibatkan munculnya uban pada kulit kepala. Ketika badan anda tidak menerima suplai vitamin dan mineral yang tepat, maka fungsi badan anda tidak berjalan dengan baik. Inilah yang yang mensugesti kesehatan rambut dan mengakibatkan rambut beruban.

7. Pewarnaan rambut

Sering menggunakan pewarna rambut atau penggunaan yang salah, hal ini juga mampu mengakibatkan munculnya uban pada kulit kepala. Rambut akan menjadi rusak karena materi kimia yang terdapat dalam pewarna rambut. Bahan kimia tersebut akan dapat merusak sel-sel melanin yang ada dalam kulit kepala.

8. Mencuci rambut dengan air sadah

Kandungan mineral dan oksidan yang terdapat dalam air sadah juga mampu mengakibatkan rambut rontok, kering, kusam, tipis, dan keriting. Bukan hanya itu, bahkan jikalau mencuci rambut dengan air sadah secara terus-menerus mampu mengakibatkan rambut beruban. Maka jangan biasakan mencuci rambut dengan air sadah.

9. Kekurangan asam folat

Kurangnya nutrisi dapat menurunkan kesehatan rambut dan kulit kepala. Salah satunya ialah kurangnya asam folat dalam kulit kepala. Hal ini mampu memperlambat pertumbuhan rambut dan membuat rambut beruban. Asam folat sangat penting bagi badan manusia. Sebab, kandungan tersebut lah yang menjaga warna rambut tetap hitam.

10. Kebiasaan makan makanan cepat saji

Makanan junk food atau makanan cepat saji memang sangat memudahkan kita. Kita tidak perlu repot-repot memasaknya dan sudah siap saji dan siap dimakan. Namun disamping itu, ada efek berbahaya yang perlu diwaspadai. Mengkonsumsi makanan junk food terlalu sering atau terlalu berlebihan dapat mengakibatkan kesehatan rambut menurun. Bahkan mampu mengakibatkan rambut beruban.

11. Penyakit tiroid

Penyakit tiroid juga merupakan salah satu penyebab munculnya uban di rambut. Kandungan tiroid dalam badan yang kurang atau terlalu aktif dapat mensugesti produksi melanin di rambut dan menghasilkan uban prematur. Jadi, pastikan anda rutin memeriksa kadar tiroid dalam badan anda. Khususnya jikalau tiba-tiba muncul rambut putih pada kulit kepala anda.

12. Kondisi kulit kepala kotor

Menjaga kebersihan rambut memang suatu hal yang diwajibkan. Jika kebersihan tidak terjaga, tentu mampu mengakibatkan kesehatan rambut menurun. Selain itu, kondisi kulit kepala yang kurang bersih ternyata dapat menjadi penyebab lain munculnya uban. Oleh karena itu, rawatlah rambut secara teratur dengan rutin keramas.

13. Difisiensi vitamin

Rambut tidak boleh kurang vitamin. Jika kekurangan vitamin dapat membuat rambut menjadi melemah, artinya kesehatan rambut menurun. Bahkan mampu mempercepat munculnya rambut beruban. Penuhilah asupan vitamin anda, terutama vitamin B12 yang dapat membantu rambut tetap terjaga akan kesehatannya.

Hal yang wajib dihindari

Agar rambut anda tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari uban, maka hindarilah beberapa hal berikut ini:
  • Jangan memakai shampo atau minyak rambut terlalu berlebihan, baik dalam bentuk gel atau lainnya.
  • Jangan terlalu sering bergonta-ganti shampo atau minyak rambut.
  • Hindarilah makanan junk food atau makanan cepat saji.
  • Hindarilah minuman beralkohol dan kurangi minum kopi.
  • Jauhilah kebiasaan merokok.
  • Jangan hingga anda mengalami stres berkepanjangan.
  • Jangan terlalu sering melaksanakan rebonding/smoothing.
  • Hentikanlah kebiasaan mencabuti uban jikalau sudah terdapat uban di kulit kepala.

Hal yang harus diterapkan

Selain banyak hal yang harus dihindari, anda juga perlu menerapkan beberapa hal. Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah rambut beruban. Berikut ini hal yang harus diterapkan:
  • Terapkan contoh hidup sehat dengan tidur dan istirahat yang cukup.
  • Minum air putih yang cukup (2 liter sehari atau minimal 8 gelas).
  • Olahraga yang rutin, kalau perlu rutin fitnes (jika anda pria).
  • Tiap hari libur, sempatkan untuk refreshing atau jalan-jalan bersama keluarga atau teman.
  • Rawatlah rambut secara teratur dan dengan cara yang benar.
Demikianlah gosip wacana Penyebab Rambut Beruban yang Wajib Kita Ketahui. Semoga gosip diatas bermanfaat. Terimakasih.