Rebung merupakan salahsatu jenis sayuran yang sudah dikonsumsi penduduk Indonesia semenjak l Manfaat Kandungan Rebung untuk Tubuh Manfaat Kandungan Rebung untuk Tubuh. Rebung merupakan salahsatu jenis sayuran yang sudah dikonsumsi penduduk Indonesia semenjak lama. Rebung sendiri yaitu tunas yang masih muda dari akar bambu. Siapa menyangka rebung kandungannya mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebagian kalangan memang tidak menggemari sayuran dari akar bambu ini, tapi kalau sudah di sayur atau di olah menjadi kuliner khas daerah, memakan rebung menjadi ketagihan alasannya sayuran rebung sangat berbeda dan khas. Adapun materi makanan dari rebung sering dijumpai yaitu lumpia isi, keripik rebung serta asinan rebung.

Mineral yang Seimbang
Sumbangan kalori dari sayuran rebung memang 20 g/100 g hal ini cukup baik bagi orang yang merencanakan diet sehat, bahkan dalam rebung terkandung 68,7 g/100 kandungan air, rebung ini semakin muda kandungan airnya semakin banyak dengan demikian kalorinyapun semakin rendah.
Rebung memang rendah kalori sangat pas sekali bagi orang yang menginginkan diet rendah kalori. Karbohidrat dan lemak yang terkandung dalam rebung-pun lumayan rendah, walaupun protein dalam rebung juga rendah, tapi keunggulan rebung terdiri dari serat yang cukup banyak sehingga sayuran ini sangat cocok dijadikan menu diet alami nan sehat. kalium dalam rebung tinggi mampu dan merupakan senyawa penting untuk kebutuhan tubuh.
Kalsium dan juga Fosfor yang terkandung dalam rebung merupakan mineral penting dalam hal penyusunan tulang yang sehat. Dua mineral jenis ini sangat secara umum dikuasai ditemui dalam rebung dan sebagian menamakan dua mineral makro dalam penyusunan tulang.
kalsium tentu sangat diharapkan dalam pertumbuhan tulang dan gigi, selain itu ditunjang dengan fosfor yang cukup menimbulkan pertumbuhan tulang sangat seimbang, dengan kalsium dan fosfor yang seimbang pengaturan konduksi saraf serta pengaturan kontraksi otot akan semakin baik. Diantara tanda-tanda atau gejala badan kekurangan kalsium dapat diketahui diantaranya kalau kaki tangan sering kram kesemutan. 
Mencegah Peningkatan Tekanan Darah
Kalium yang terkandung dalam rebung terbilang cukup tinggi, paling tinggi diantara jenis sayuran, terhitung kalium yang dikandung dalam rebung mencapai 402 mg/100 g. Fungsi kalium untuk badan diantaranya mengurangi efek buruk garam pada badan dalam hal menjaga peningkatan tekanan darah.
Membersihkan Darah
Kalium yang terkandung dalam rebung sangat bermanfaat untuk membersihkan darah, darah yang baik dan bersih akan membuat anutan pembawa oksigen ke seluruh badan akan lancar, dan tentu saja dengan anutan darah yang sangat sehat membuat badan terjauh dari beberapa serangan sesak nafas, jantung bahkan stroke.