Ketika gigi sang bayi mulai terlihat muncul Bagaimana Gigi Susu Anak Tumbuh Bagaimana Gigi Susu Anak Tumbuh. Ketika gigi sang bayi mulai terlihat muncul, alangkah senang dan besar hati melihat perkembangan pertumbuhan bayi yang sangat baik. Hal Ini merupakan sebuah pengalaman yang sepele tapi tidak mudah dilupakan. Gigi pertama yang terlihat muncul (biasanya 2 buah di bawah) membuka jalan bagi tumbuhnya 20 gigi susu berikutnya selama 6 bulan hingga  5 tahun yang akan datang.

Gigi pertama bayi atau yang lebih di kenal sebagai gigi susu merupakan hal penting bagi pertumbuhan bayi selanjutnya, dimana tumbuhnya gigi yang merupakan organ penting sebagai alat pencerna pertama makanan yang selanjutnya akan di olah oleh tubuh. Gigi susu yang tumbuh pada anak biasanya mempunyai beberapa tahap.

Bagaimana Gigi Susu Anak Tumbuh

1. Melihat dari kebiasaan bayi pada usia 6 bulan (tidak semua bayi) akan muncul gigi susu pertama, terkadang gigi susu pertama muncul secara tiba-tiba, tapi kebiasaanya sebelum gigi susu muncul ditandai dengan timbulnya benjolan kecil di bawah gusi.

2. Gigi yang paling bawah biasanya muncul lebih dahulu 2 buah, lalu di iringi dengan 2 buah gigi bab atas yang menyusul selanjutnya, empat gigi depan dinamakan gigi “seri tengah”. Gigi seri tengah dapat digunakan untuk berguru menggigit. Dilanjutkan gigi tumbuh pda bab sisi (terkadang secara bersamaan) pada atas dan bawah, gigi ini dinamakan “gigi seri samping” sehingga sang bayi kini memiliki delapan gigi. Jika tersenyum sang bayi yang gres memiliki delapan gigi sangatlah lucu.

3. Gigi yang lain menyusul tumbuh pada  dua sisi geraham dinamakan “gigi geraham”, yaitu pada bab belakang rahang. Gigi ini berfungsi untuk mengunyah makanan, adapun gigi depan berfungsi untuk memotong dan menumbuk makanan.

4. Pada kedua rahang tumbuh gigi yang runcing dan tajam. Gigi ini dinamakan “gigi taring” bentuknya sangat berbeda yaitu panjang dan runcing.

5. Kemudian yang paling terakhir munculah  dua gigi geraham yang  paling belakang menutup kesempurnaan pada gigi susu anak. Sekarang sang anak mempunyai 20 gigi susu bagus dan manis yang sangat sempurna.